Basarnas Ambon Cari Nelayan yang Hilang di Pulau Seram

oleh -61 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Muslimin mengatakan, telah mengirim team Rescue Kantor SAR Ambon untuk melakukan pencarian terhadap nelayan bernama Ibrahim Polanunu (55 tahun) yang dilaporkan hilang saat melaut di perairan Desa Kamal, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku.

Saat ini, mereka sementara dalam perjalanan menuju perairan Desa Kamal guns melakukan pencarian terhadap Ibrahim yang pergi melaut sejak Selasa, 10 Maret 2020, namun hingga sekarang belum juga kembali ke rumah.

“Kita sudah kirim tim rescue untuk melakukan pencarian. Dalam pencarian nanti, akan dibantu potensi SAR dari Polairud dan masyarakat setempat yang menggunakan longboat,” ujar Muslimin, Kamis (12/32020).

Baca Juga  Napi Narkotika, Buronan Lapas Sorong Ditangkap BNNP Malut

Muslimin bilang, pihaknya melakukan pencarian setelah menerima laporan dari tetangga nelayan itu bernama Indra Maruapey.

Menurutnya, Indra mangaku melihat, Ibrahim melaut di perairan Desa Kamal. Saat pergi melaut, Ibrahim mengenakan baju kaos warna biru dan celana warna hitam.

“Sudah dua hari pergi melaut, hingga kini Ibrahim belum kembali ke rumah,” ujar Muslimin.

Proses pencarian akan dilakukan pencarian di sekitar perairan Desa Kamal, titik koordinatnya 3° 14.147’S – 128°15.327’E.

Dalam operasi ini, Tim SAR menggunakan RIB 01 Ambon, speed boat milik Polairud dan longboat milik Masyarakat setempat.

“Jadi semua potensi SAR, kami libatkan termasuk masyarakat,” ujarnya.

Muslimin menambahkan, cuaca dalam pencarian berdasarkan informasi yang diterima dari BMKG sementara terjadi hujan lokal dan angin barat laut-utara, 4-15 knots. Sedangkan gelombang 0.5-1.25 meter. (red/rtm/bti)