Basarnas Cari Tiga Nelayan Tulehu yang Hilang di Laut Banda

oleh -146 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Angin kencang yang disertai ombak membuat tiga nelayan asal Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, tenggelam di perairan laut Banda.

Peristiwa naas itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 20.00 WIT, Kamis (7/5/2020) tadi malam.

Informasi yang berhasil dirangkum porostimur.com, menyebutkan, ketiga nelayan asal kecamatan Salahutu itu, baru saja selesai mencari ikan dengan menggunakan longboat di perairan Laut Banda dan hendak pulang ke Tulehu. Namun di perjalanan cuaca buruk dan ombak menghantam mereka, hingga perahu yang mereka tumpangi tenggelam.

Kepala Basarnas Ambon Muslimin membenarkan adanya peristiwa naas itu.

Menurut Muslimin, sesuai laporan yang diterima pihaknya bahwa ada perahu nelayan bermuatan ikan dalam box bertolak dari pulau Banda, menuju Tulehu. Namun dalam pelayaran sekitar TW 0507. 20.00 WIT, cuaca buruk menghantam ketiganya.

Baca Juga  Laznas LMI Bantu Pendidikan untuk Siswa dan Guru Masamba

“Dalam perjalanan tiba-tiba ada cuaca buruk yang mengakibatkan angin kencang dan gelombang tinggi sehingga perahu ketiga nelayan tersebut terbalik dan tenggelam,” kata dia.

Setelah menerima laporan, lanjut dia, pihaknya bersama instansi terkait langsung melakukan pencarian disekitar lokasi ketiga nelayan tersebut tenggelam.

“Kita lakukan pencarian di TW. 0508 atau 07.00 WIT, telah ditemukan 2 nelayan tersebut di sekitar lokasi dalam keadaan selamat dan 1 orang lainnya belum ditemukan dan dalam pencarian,” jelasnya.

Muslimin bilang, dua diantara tiga nelayan naas itu dinyatakan selamat sementara satu orang masih dalam proses pencairan oleh tim SAR, TNI dan Polri.

“Nelayan bernama Adrian Basiman dan Bahri Basiman sudah ditemukan selamat. Sedangkan Arifin Arodes belum ditemukan,” kata Muslimin.

Baca Juga  Usai Hadiri Pleno KPU, FAM-SAH Langsung Silaturahmi dengan Masyarakat

Dua nelayan yang selamat itu menurut Muslimin, kini telah dievakuasi oleh tim pencarian ke Tulehu. (red)