Basarnas dan KPLP Tak Lakukan Pertolongan, Pemilik KM. Asiana Kesal

oleh -86 views
Link Banner

@porostimur.com | Bitung: Pemilik kapal pancing ikan tuna “KM Asiana” yang tenggelam diperairan Minahasa Utara (Minut), merasa kecewa dengan Basarnas dan KPLP Bitung.

Kekecewaan ini diungkapkan oleh pemilik kapal, Tamrin Patanga. Dimana, pihak berkompeten yang menangani peristiwa kecelakaan di laut, tidak melakukan pertolongan terhadap 10 awak kapal KM.l Asiana yang membutuhkan pertolongan.

“Padahal, begitu mendapat informasi dari Nahkoda KM Asiana bahwa kapal akan tenggelam, saya langsung datang ke Kantor KPLP Bitung dan memberitahukan peristiwa ini kepada mereka”, ujar Tamrin.

Menurut Tamrin, seluruh ABK KM Asiana selamat dari maut hanya dengan menaiki pakura. Sedangkan kapal patroli milik KPLP yang mestinya melakukan pertolongan, tidak keluar dari pangkalan yang ada di Tandurusa.

Link Banner

“Saya tidak tahu alasannya pihak Basarnas dan KPLP mereka seperti apa. Setidaknya, saya sebagai pemilik kapal motor (KM) Asiana merasa kecewa sekali”, tukasnya.

Baca Juga  Gagasan Calon Ketua KNPI Halsel di Sektor Ekonomi

“Tak lupa juga saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Polair Polda Sulut Kota Bitung yang sudah membantu mengevakuasi tiga ABK KM. Asiana yang lagi berteduh disalah satu kampung yang ada di Lembeh Selatan,” sambungnya

Sementara, porostimur.com dan salah satu utusan dari pemilik KM Asiana, rencananya akan ikut bersama Basarnas dan KPLP, menuju lokasi tenggelamnya kapal tersebut batal dikarenakan informasi bahwa seluruh ABK KM. Asiana sudah tiba dengan selamat didermaga Perikani Bitung.

Alasan pertama kenapa kapal milik KPLP Bitung tidak berangkat-berangkat karena menunggu Basarnas dan lima orang personil kapal sementara latihan menyelam.

Setelah dari Basarnas dan lima personil KPLP tiba di kapal. Kepala Kamar Mesin (KKM) sementara dalam perjalanan dari Manado ke Bitung. (Dan)