Basarnas Ternate Berhasil Temukan Longboat dan Lima Nelayan Dalam Keadaan Selamat

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Tim SAR Basarnas Ternate berhasil menemukan dan mengevakuasi lima orang berserta longboat yang mengalami mati mesin di perairan Siko, Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, dalam keadaan selamat, Ahad (13/12/2020)

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah mengungkapkan, pada pukul 09.25 WIT, pagi tadi, KN SAR Pandudewanata tiba di lokasi matinya mesin longboat untuk melakukan pencarian.

Pukul 10.23 WIT, didapat informasi dari keluarga bahwa korban sudah bisa berkomunikasi dengan keluarga dan menyatakan tengah berada di sekitar perairan Tidore.

“Selanjutnya pukul 11.03 WIT, saya juga dapat berkomunikasi dengan korban dan mendapatkan informasi bahwa korban terapung-apung mati mesin sudah berada di sekitar perairan Tidore,” tutur Arafah.

Dia mengatakan, pada pukul 12.54 WIT, KN SAR Pandudewanata akhirnya berhasil menemukan seluruh korban dalam keadaan selamat di koordinat kurang lebih 27.97 NM dari LKP.

Baca Juga  Legenda Timnas Belanda Minta Klopp Tidak Hancurkan Harapan Van Dijk

“Selanjutnya dua orang korban bernama Rusli dan Junaidi dievakuasi ke atas KN SAR Pandudewanata, sementara 3 orang bertahan di atas longboat untuk membawa longboat yang berjalan dikawal oleh KN SAR Pandudewanata menuju Pelabuhan Ahmad Yani Ternate,” terang Arafah.

Pukul 15.05 WIT, KN Pandudewanata tiba di Ternate dan semua korban diserahkan kepada pihak keluarga.

Adapun para korban adalah Yamin (32 tahun), warga Tafure; Rusli (24 tahun), warga Salero; Nage (19 tahun), warga Salero; Juniadin (22 tahun), warga Tafure; serta Harlin (42 tahun), warga Tafure. (red/tsc)