Basarnas Ternate siagakan 13 Posko Mudik Lebaran

oleh -97 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ternate : Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Ternate, Maluku Utara (Malut) membangun 13 pos pelayanan Idul Fitri 1440 Hijriah untuk meningkatkan kesiapsiagaan SAR angkutan Lebaran melalui penanganan kecelakaan saat arus mudik dan balik.

“Sebanyak 13 pos lebaran yang dibangun itu berada di titik keramaian arus mudik lebaran,” kata Kepala Humas Basarnas Ternate, Iksan M Nur, di Ternate, pekan lalu.

Menurut Iksan, dari 13 pos yang dibangun itu, sembilan unit di antaranya berada di Kota Ternate, dua di Kota Tobelo Halmahera Utara dan dua pos lainnya berada di Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan.

Basarnas Ternate juga akan menyediakan dua pos pada H+1 lebaran Idul Fitri di kawasan objek wisata Pantai Jikomalamo dan Pantai Sulamadaha Ternate, guna memberikan rasa aman bagi warga yang akan berwisata di kedua lokasi tersebut.

Iksan mengatakan, saat ini alat utama yang dimiliki oleh Basarnas Ternate juga ditampilkan sekaligus untuk melakukan pengecekan mengenai kesiapsiagaan alat utama dalam menghadapi bencana serta kondisi yang membahayakan jiwa manusia di wilayah Malut.

Baca Juga  Disambut Sholawat, Bagus Janjikan Tomalou Sentra Perikanan

“Hal ini guna terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait seperti Polri, Dinas Perhubungan dan unsur lainnya dalam rangka pemantauan jalur mudik angkutan lebaran secara aman, nyaman dan terkendali”, papar Iksan.

Basarnas juga telah menyiagakan kendaraan yang akan digunakan seperti truk personel, rescue truck, jet ski, motor trail dan perahu karet dan diadakan inspeksi secara langsung demi kelancaran tugas saat melaksanakan siaga angkutan lebaran yang dimulai pada 28 Mei hingga 13 Juni 2019.

“Untuk pelaksanaan siaga SAR khusus arus mudik Lebaran tahun 2019/1440 hijriah akan dimulai dari tanggal 28 Mei hingga 13 Juni 2019, dimana hari H lebaran diperkirakan jatuh pada tanggal 5 dan 6 juni 2019,” pungkasnya. (raka)