Bassam Kasuba Janji Buat Home Industri Hingga Datangkan Investor Luar Bangun Halsel

oleh -78 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Hasan Ali Bassam Kasuba memastikan akan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Halmahera Selatan pada tahun 2020 mendatang.

Bassam adalah anak kandung dari mantan Bupati Halmahera Selatan dua periode Muhammad Kasuba.

Kepada porostimur.com, Bassam mengatakan akan menciptakan lapangan kerja ‘home industri’ untuk masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan.

“Insya Allah saya akan terapkan itu di Halsel. Kabupaten ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, tetutama industri rumah tangga yang berbasis pada perikanan dan pertanian” ujarnya, Minggu (01/12/2019)

Selain itu, Bassam juga akan mengutus pelajar SMA/SMK/MAN di Halmahera Selatan untuk belajar dari home industry sampai mahir.

“Insya Allah rencana kedepan,  setiap desa kita utus pelajar SMA, SMK dan MAN di Halsel untuk belajar sampai mahir beragam jenis home industri,” ungkapnya.

Baca Juga  Puisi-puisi: Wirol Haurissa

Bassam mengaku, hasil yang mereka dapatkan dari program magang, bisa diberdayakan ke masyarakat sekitar desanya.

Hal lain yang ingin dibangun di Kabupaten Halmahera Selatan kata Bassam adalah mendatangkan investor luar.

“Niatnya, saya ingin membangun Halsel dan kerjasama investor dari luar, agar tercipta lapangan kerja buat masyarakat. Khususnya anak muda Halsel tidak perlu lagi pergi merantau, hanya sekadar pergi mencari pekerjaan,” jelasnya.

Lebih jauh Bassam mengatakan, dirinya ingin membangun Halsel dengan pola kerjasama antara pemerintah dengan swasta.

Sebab, untuk membangun Halsel, tidak akan mampu hanya mengandalkan uang  APBD. Untuk membangun Halsel, perlu menarik investor.

“Saya akan berupaya agar investor ini tak sebatas menyumbangkan PAD dari  perizinan saja, melainkan  harus bisa memberikan kontribusi untuk kesejahteraan  masyarakat,” tuturnya. (adhy)

Baca Juga  Murad 'Sesumbar' Corona Tak Bisa Bertahan di Maluku