Bawa Pesan Natal Uskup, Pastor Andy Tegaskan Umat Katolik Wajib Jaga Kerukunan Bangsa

oleh -36 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Seluruh umat Katolik diajarkan oleh gereja bahwa hadiah Natal terbesar adalah mereka yang berkewajiban untuk selalu menjaga kerukunan bangsa dan negara.

Pesan Uskup Diosis Amboina, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, M.S.C ini ditegaskan Pastor R.D Andy Sinyakit dalam acara perayaan Natal keluarga besar Bimas Katolik Kantor Wilayah Kemenag Maluku di Gedung Katolik Center Ambon, Jumat (3/1).

Turut hadir Kakanwil Kemenag Maluku, Fesal Musaad didampingi Pembimas Katolik, Bernardus Fanulene bersama pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Maluku.

Sejalan dengan tema Natal nasional “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang”, Pastor Andy menyebutkan, menjadi pelajaran berharga bagi orang Kristen agar dapat membangun persekutuan, persatuan dan kerukunan dengan semua orang.

“Saya percaya semua agama menjunjung tinggi aspek persekutuan, persaudaraan dan kerukunan,” katanya.

Baca Juga  Ketua Bawaslu Malut: Beda Pilihan Jangan Sampai Putuskan Silaturahmi

Persekutuan, persaudaraan dan kerukunan bagi Pastor Andy teramat mahal, dia tidak bisa dibayar dengan apapun, tetapi diusahakan untuk diwujudkan.

Bahkan persekutuan, persaudaraan dan kerukunan ini juga tercantum didalam pancasila yaitu, silla ketiga persatuan. “Maka hadiah Natal terbesar bagi orang Kristen adalah ketika mereka mampu menjadi pemersatu, bukan pemecah belah, racun atau duri didalam kehidupan bersama,” terangnya.

Lebih lanjut dalam pesan tertulis Uskup, Pastor Andy mengungkapkan, gereja tidak hanya mengajak umat Katolik menjadi sahabat bagi sesamanya, tetapi kepada semua orang, sebagaimana dua pepatah kecil menyebutkan, homo homoni lupus dan homo homoni sucius.

“Homo homini lupus yaitu manusia menjadi semacam musuh antara satu dengan yang lain, tetapi justru kita diminta menjadi homo homini sucius yaitu, manusia menjadi sahabat bagi yang lainnya,” paparnya.

Baca Juga  Bayi Hidrosefalus di Tidore Butuh Bantuan

Pesan Natal terakhir, Pastor Andy mengatakan Uskup meminta melalui perayaan Natal kepada umat Katolik, Kristen dan seluruh manusia untuk selalu belajar berbagi kasih kepada siapapun.

“Selain kita bangun persekutuan dan kerukunan diantara kita, mari kita wartakan juga itu semua tidak hanya melalui kata-kata atau slogan, tetapi kita nyatakan dalam keteladanan hidup kita untuk menyalurkan kasih kepada semua orang,” pungkasnya. (shinta/inmas)