Bawaslu Halbar Gelar Sosialisasi Netralitas ASN Jelang Pilkada 2020

oleh -111 views
Link Banner

Porostimur.com|Jailolo: Bawaslu Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melakukan Sosialisasi Netralitas kepada ASN diruang lingkup Pemda Halbar Pada pemilihan bupati dan wakil bupati 2020 berlokasi di Aula Baikole Kantor Bupati Halbar, Rabu (12/8/2020).

Sosialisais ini dilakukan oleh Bawaslu Halbar jelang penetapan kandidat bakal calon, guna memberikan introspeksi kepada ASN disesuaikan dalam UU No 5 Tahun 2014 terkait netralitas ASN dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halbar 2020.

Muhamadun Hi. Adam Kordiv SDM Bawaslu Halbar dalam sambutannya saat membuka acara, menyampaikan bahwa agenda Pilkada ini dilakukan secara nasioanal, maka menjadi konsentrasi ke semua Pemda yang menggelar Pilkada 2020 dan lebih khususnya di Kabupaten Halbar.

Baca Juga  Cerita Tentang Kamu yang Jauh

“Bawaslu Halbar lakukan sosialisasi karena ASN ini dengan banyak Jumlah kurang lebih 4000 orang, sehingga ini cukup berpengaruh pada tahapan Pilkada ketika ASN tidak netral.”

“Karena ini bisa saja dimanfaatkan oleh kelompok kepentingan, ASN itu diatur dalam ketetntuan UU itu harus Netral, itu wajub Hukumnya, jadi tidak ada alasannya,” jelas Adun.

Sambung Adun, dalam ketentuan UU No 5 Tahun 2014 dan PP 53, bahwa ASN melakukan gerakan Like di FB terhadap kandidat tidak bisa. Karena ASN fokus kerja pelayanan untuk publik. Jika UU itu dilanggar oleh ASN maka akan dikenakan sangsi pidana maupun kode etik.

“Kami berharap tidak ada pidana di tamang-tamang ASN, maka harus netral dan patuh terhadap UU, jika peran untuk melanggar UU, kalau hanya kode etik itu masih ada ampunnya, kalau memenuhi unsur pidana, itu sangat rugi bagi tamang-tamang ASN,” ujarnya.

Baca Juga  Maluku Juarai Cerdas Cermat Rohani Tingkat Remaja di Kegiatan KVKI

Kami (Bawaslu) berpacu kepada UU No 5 2014, sehingga Bawaslu Halbar mengambil langkah untuk memproteksi dari awal kepada ASN, sehingga setelah penetapan bakal calon di Sepetember awal sudah menjadi pengetahuan untuk ASN.

“September awal sudah mulai tahapan pendaftaran kandidat, maka kami mempertegas bahwa Bawaslu juga buat dalam waktu dekat membuat posko pengaduan di setiap kecamatan itu khusus buat netralitas ASN, yang dimana terkait tekanan-tekanan kepada sesama ASN untuk kandidat dan laporan lainnya.”

“Kareena saat ini Bawaslu RI juga sudah bekerja sama dengan KSN terkait pelanggaran ASN daalam UU No 5 tahun 2014,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi Bawaslu tersebut, Komisioner Bawaslu Provinsi (Kordiv Penanganan Pelanggaran) Aslan Hasan, Beserta Komisioner Bawaslu Kabupaten Halbar dan Staf, diseratai peserta undangan dari ASN Pemda Halbar. (ash)