Bawaslu Kepsul Gandeng Insan Pers dan Tokoh Adat Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2020.

oleh -46 views
Link Banner

Porostimur.com| Sanana: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) melaksanakan kegiatan diskusi dengan tema “Peran Insan Pers dan Tokoh Adat Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2020 yang dilaksanakan di Kantor Bawaslu, Desa Fogi, Kecamatan Sanana, Rabu (18/12/2019) malam tadi

Kordinator Devisi Pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepsul,Risman Buamona menyampaikan Pers dan Tokoh adat menjadi mitra Bawaslu karena keduanya memiliki peran signifikan dalam mencegah terjadinya konflik.

Risman mengatakan salah satu instrumennya adalah menyampaikan pesan pesan Budaya seperti manatol, poa hoi dan maksaira sebagai pengingat bahwa kita orang sula semua bersaudara.

Karenanya menurut Buamona landasan budaya itu harus di sosialisasikan guna menanam nilai nilai persaudaraan dalam bingkai Dad Hia Ted Sua mengingat nilai budaya tersebut telah tergeser akibat terkontaminasi dengan politik praktis

Dalam diskusi tersebut tokoh adat Desa Falahu yang diwakili oleh Iswandi Soamole kepada Bawaslu mengatakan Penyebarluasan fungsi pengawasan di desanya harus diutamakan mengingat desa tersebut rawan konflik.

Baca Juga  Munir Banapon Pimpin Brigade Nusantara Maluku Utara

Dia meminta rekrutmen panwas lapangan pihak Bawaslu menyurat kepada Pemerintah Desa setempat sehingga selalu intens berkordinasi dalam proses pengawasan.pintanya. (ifo)