Bawaslu Maluku Utara Susun Peta Indeks Kerawanan Pilkada 2024

oleh -35 views

Porostimur.com, Ternate – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara kini tengah menyusun dan memetakan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. IKP ini dirancang untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai tingkat kerawanan di berbagai wilayah di Maluku Utara, sehingga langkah-langkah preventif dan mitigasi dapat dilakukan dengan lebih efektif.

Ketua Bawaslu Maluku Utara, Masita Nawawi Gani, mengungkapkan bahwa penyusunan IKP ini melibatkan analisis menyeluruh terhadap data-data lapangan dan laporan dari berbagai sumber.

“IKP ini merupakan alat penting untuk memetakan potensi kerawanan yang bisa mempengaruhi jalannya Pilkada. Kami menggunakan berbagai indikator dari empat dimensi IKP yakni sosial dan politik, penyelenggara pemilu, kontestasi serta partisipasi  untuk menyusun indeks ini,” jelas Masita Rabu (10/7/2024) di Ternate.

Baca Juga  Tendang Avanza-Brio-Sigra, Mobil Ini Jadi Raja Jalanan RI

Kata Masita,  faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kerawanan ini antara lain rivalitas politik yang tajam, potensi konflik sosial, isu primordialisme. kesukuan dan sejarah pelanggaran dalam pemilu sebelumnya.

Untuk mengatasi potensi kerawanan tersebut, Bawaslu Maluku Utara telah menyusun sejumlah strategi mitigasi. Salah satu langkah yang diambil adalah memperkuat koordinasi dengan aparat keamanan seperti Polri dan TNI untuk memastikan adanya pengamanan yang lebih ketat di daerah-daerah rawan.

No More Posts Available.

No more pages to load.