Bawaslu Sulsel Sebut 3 Daerah ini Masuk Kategori Rawan Tinggi Pemilu 2024

oleh -15 views

Porostimur.com, Makassar – Tiga daerah di Sulawesi Selatan masuk kategori rawan tinggi pada pemilihan umum (Pemilu) 2024. Dari hasil pengukuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dilakukan Bawaslu, tiga daerah kategori rawan tinggi, 19 kategori rawan sedang, dan dua kategori rawan rendah.

Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli menjelaskan, IKP merupakan hasil pemetaan Bawaslu terhadap segala hal yang berpotensi mengganggu atau menghambat proses Pemilu yang demokratis.

“Tujuannya adalah memetakan potensi kerawanan di Pemilu di seluruh wilayah di Indonesia, melakukan proyeksi dan deteksi dini terhadap potensi pelanggaran Pemilu, menjadi basis untuk program pencegahan dan pengawasan tahapan Pemilu,” bebernya, Senin (18/12/2023).

Untuk di Sulsel, termasuk salah satu dari 8 Provinsi atau 24 persen yang termasuk kategori IKP Rawan Rendah. Skor IKP Sulsel yaitu 10,20. “Namun ada tiga daerahkategori yakni Kabupaten Bulukumba, Kota Parepare dan Kabupaten Jeneponto,” ujarnya.

Mardiana mengaku, mengindentifikasi dan memetakan potensi pelanggaran Pemilu ini menjadi salah satu tugas Bawaslu.

Hal itu berdasarkan Pasal 98 ayat (1) Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia nomor 1 tahun 2022 tentang perubahan Undang-Undang Republik Indonesia  nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Kepala Kesbangpol Sulsel, Muhammad Firda mengatakan, dari hasil pengukuran IKP oleh Bawaslu, untuk tingkat Kabupaten/Kota, sebanyak tiga daerah kategori rawan tinggi, 19 kategori rawan sedang, dan dua kategori rawan rendah.

“Dari data Bawaslu, untuk IKP tingkat Kabupaten/Kota, yang kategori tinggi adalah Kabupaten Bulukumba, Kota Parepare dan Kabupaten Jeneponto,” ungkapnya.

Dia pun berharap, Pemilu yang akan segera berlangsung pada Februari 2024 di Sulsel dapat berjalan dengan kondusif dan aman.

Baca Juga  Setubuhi 5 Bocah, AF Dibekuk Personel Polresta Ambon

sumber: inews

No More Posts Available.

No more pages to load.