Bea Cukai Ambon Dorong Ekspor Langsung dari Daerah, Begini Langkahnya

oleh -17 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepala Kantor Bea Cukai Ambon Saut Mulia beserta tim menggelar kunjungan ke PT Kamboti Rempah Maluku, di Gudang Arang, Sirimau, Ambon.

Bea Cukai mendukung produsen dalam negeri untuk menjalankan ekspor langsung dari daerah, guna menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kepala Kantor Bea Cukai Ambon Saut Mulia beserta tim menggelar kunjungan ke PT Kamboti Rempah Maluku, di Gudang Arang, Sirimau, Ambon.

Kunjungan ini bertujuan untuk mendorong ekspor langsung perusahaan tersebut dari Maluku.

Saut menjelaskan, selama ini PT Kamboti, selaku eksportir pala dari Ambon, masih melakukan proses ekspor dari Surabaya. Sebab, negara tujuan yang sebagian besar di Uni Eropa mensyaratkan laboratorium lolos alfatoksin bersertifikat. Salah satu laboratorium itu ada di Surabaya.

Baca Juga  Berkas Lengkap, Zulfahri Berpeluang Kantongi Rekomendasi Hanura di Pilkada Kepulauan Sula

“Jadi kami mendorong perusahaan untuk bisa ekspor langsung, agar pengurusan dokumen lebih mudah, dan dapat membantu mengurangi cost perusahaan untuk pengiriman ke Surabaya terlebih dahulu,” papar Saut.

Bea Cukai Ambon terus berusaha menggali potensi ekspor pala langsung dari Maluku, serta mencari informasi tentang buyer potensial dari negara selain Uni Eropa, agar persyaratannya lebih mudah diurus.

Selain itu, dibicarakan pula mengenai kendala yang dihadapi untuk mewujudkan ekspor langsung dari Ambon.

Dalam kesempatan ini, Bea Cukai Ambon didampingi Sam dan Dewi, Komisaris dan Direktur PT Kamboti melihat langsung proses penyortiran dan pengeringan buah pala mutu 1 (ABCD), mutu 2 (RIMPEL) dan mutu 3 (BWP). 

Selain itu, Bea Cukai Ambon juga melakukan kunjungan ke Bank Mandiri Cabang Ambon sebagai salah satu upaya mewujudkan peningkatan ekspor langsung.

Baca Juga  Tabel Sebaran Corona 25 Juni: Maluku Utara 80 Kasus Baru, Bali 56 Kasus Baru

“Kami mendukung bila ada ekspor langsung produk dari Maluku, untuk itu kami ingin ada diskusi terbuka dengan eksportir lokal,” kata pimpina Bank Mandiri Cabang Ambon Arnold. Ch F Latuheru.

Upaya Bea Cukai ini diharapkan dapat lebih membuat lebih banyak produsen lokal melakukan ekspor langsung, guna mendorong perekonomian Provinsi Maluku. (red/jpnn)