Belasan kegiatan semarakkan Hari Juang TNI AD

@Porostimur.com | Ambon : Perayaan Hari Juang Kartika yang digagas jajaran TNI dan Polri di Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (15/12), diwarnai dengan pertunjukan seni bela diri Yongmodo dari Satuan 731/ Kabaresi dan drama kolosal perjuangan Brigjen Ignatius Slameth Riyadi.

Upacara dimaksud juga dilengkapi dengan pembagian bingkisan kepada para Veteran, Warakawuri dan Pensiunan TNI, yang diserahkan langsung oleh Pangdam XIV/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto.

Ketua Pantia Penyelenggara Hari Juang Kartika sekaligus Danrem 151/Binaiya, Kolonel (Inf) Chrisrian Kurnianto Tehuteru, saat dikonfirmasi wartawan, menjelaskan tema yang diusung dalam kegiatan ini ”Manunggal rakyat TNI AD kuat”.

Tema ini, akunya, merupakan salah satu mandat yang mengingatkan TNI AD merupakan lahir dari rakyat dan TNI AD juga akan kembali menjadi rakyat.

”Olehnya itu kita harapkan kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Ambon, mari kita sama membangun kemanunggal TNI dengan rakyat untuk kita sama-sama mengusung dan membangun Kota Ambon ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat, jelasnya, beberapa rangkaian kegiatan sesuai dengan arahan Komando tertinggi dengan melakukan seruan teritorial berupa pemberian santunan kepada Warakawuri, para Veteran dan masyarakat-masyarakat yang berkekurangan.

Begitupun pembersihan dan kerja bakti TNI, 8 dan 11 Desember 2017 lalu, dengan sasaran pembersihan lingkungan satuan, fasilitas umum dan rumah ibadah.

Selain itu, akunya, masih ada pembersihan Teluk Ambon (Poka, JMP dan Galala) dengan jumlah peserta, anggota TNI 2.000 orang, Polri 500 orang dan masyarakat 2.000 orang dengan total 4.500 orang.

Kemudian ada juga kegiatan lomba Lari 10 KM tanggal 9 Desember 2017, dengan jumlah peserta  6.197 orang dengan melibatkan peserta dari jajaran TNI, Polri dan masyarakat umum.

Sebelumnya, jelasnya, tanggal 6-7 Desember 2017, pihaknya juga menggelar kegiatan Baksos Kesehatan dan Pengobatan  Massal di RST Ternate dan RST Ambon, dengan pengobatan masal yang dilakukan berupa sunatan massal, operasi katarak, bibir sumbing, pengobatan gigi, pembagian kacamata, kursi roda, bedah minor dan THT dengan jumlah peserta 7.000 orang.

Sedangkan untuk kegiatan donor darah, tegasnya, digelar tanggal 11 Desember 2017, berlokasi di Mall ACC Passo, dengan jumlah peserta sekitar 2.000 orang.

Khusus kegoatan penanaman pohon, akunya, , kegiatan penanaman pohon dan pemberian bingkisan sembako.

Untuk kegiatan penanaman pohon, digelar 5-11 Desember 2017 di Desa Hatu dengan jumlah pohon yang ditanam sekitar, 10.000 pohon.

Sedangkan untuk pemberian bingkisan sembako kepada masyarakat, jelasnya, digelar 11 Desember 2017, di Desa Hatu, dengan sasaran janda, dhuafa dan warakawuri dengan jumlah 1.150 bingkisan dan sembako.

Pada tanggal 12 Desember 2017, akunya, kegiatan yang digelar berupa bedah rumah di Negeri Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, dengan sasaran rumah Veteran, Warakawuri dan masyarakat sebanyak 40 unit rumah.

Selain itu, tegasnya, masih ada kegiatan pembersihan Taman Makam Pahlawan (TMP) dan pemberian helm baja pada pusara, yang digelar 12-13 Desember 2017, dengan melibatkan personel TNI dan Polri sebanyak 200 orang.

Pada 14 Desember 2017, terangnya, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke lokasi TMP Kapahaha.

Begitupun kegiatan doa bersama, pada tanggal yang sama yang dihelat pada setiap, masjid, gereja dan pura milik Kodam XVI/Pattimura, dengan melibatkan 2.500 orang dari jajaran TNI, Polri dan masyarakat.

Sedangkan untuk pemberian bingkisan dan uang santunan kepada  100 orang, Veteran dan Warakawuri yang ada di Kota Ambon, tambahnya, dilakukan pada tanggal 15 Desember 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: