Bendungan Way Ela Jebol, DPRD Maluku akan Panggil Balai Sungai

oleh -153 views
Link Banner

Poroatimur.com | Ambon: Bendungan Way Ela yang terletak di Negri Lima, Leihitu, Maluku Tengah jebol akibat intensitas curah hujan yang tinggi. Bendungan tersebut jebol akibat curah hujan yang tinggi pada Rabu 21 Juli kemarin.

Akibat jebolnya bendungan tersebut, 10 rumah warga terendam oleh banjir dan satu rumah rusak parah.

Muhammad Farik Soumena, pemuda Negri Lima kepada wartawan porostimur.com, Sabtu (24/7/2021), mengatakan sejauh ini tidak ada korban jiwa akibat jebolnya bendungan tersebut, hanya rumah milik Haji Jeje Heluth mengalami kerusakan parah dan tidak bisa dihuni lagi”.

Sampai saat ini korban terdampak jebolnya bendungan Way Ela sudah diungsikan dan pihak pemerintah sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk bagaimana mengatasi bendungan tersebut.

“Sejauh ini masyarakat bersama pemuda Negri Lima sudah melakukan satu aksi yaitu dengan membuat talid darurat untuk menampung air agar tidak terus mengalir ke pemukiman masyarakat”, pungkasnya.

Baca Juga  Kompolnas Evaluasi Kualitas Lulusan SPN Polda Sumbar, Jawab Dinamika Tantangan Tugas Masa Depan

Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Maluku, Rofiq Afifudin mempertanyakan kualitas pengerjaan Bendungan Waiela. Dia bilang DPRD rencananya akan memanggil Balai Sungai Wilayah (BSW) Maluku yang sejak awal menangani proyek pembangunan dam.

“Kami akan mempertanyakan apakah pembangunan dam ini sesuai sesuai bestek atau tidak, karena proyeknya merupakan tanggungjawab BWS,” kata Rofik di Ambon, Sabtu (24/7/2021).

Terkait sejumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat banjir, dia berharap agar segera diidentifikasi dan didata untuk penanganan darurat. Sebab banjir terjadi akibat kerusakan dam tersebut. (nur)

No More Posts Available.

No more pages to load.