Beredar Kabar Kesempatan Menjadi TNI Tertutup, Kasdam: Hoax Itu!!!

oleh -68 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kodam XVI/ Pattimura membantah isu yang beredar di masyarakat bahwa kesempatan putera-putri yang berada di wilayah Maluku dan Maluku Utara untuk menjadi Bintara TNI-AD tertutup.

Pasalnya, secara tiba-tiba bahwa Sub Panitia Daerah (Subpanda) yang sudah dibentuk untuk melakukan seleksi pendaftaran casis (Rekrutmen) dihapuskan.  

Banyak  Calon Siswa Bintara TNI-AD yang hendak melakukan pendaftaran pulang dengan perasaaan kecewa dan menyayangkan informasi tersebut baru diketahui para calon siswa saat mereka sudah berada dalam proses pendaftaran.

Link Banner

Terlebih di Kodam XVI/Pattimura saat ini akan membuka beberapa Kodim dan Koramil Baru sehingga otomatis membutuhkan personel.

Terkait dengan hal tersebut, Kodam XVI/Pattimura melalui Konfrensi Pers yang di gelar pagi ini, (03/09/2019) dihadapan awak Media Maluku, Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Setia Gunawan secara langsung memberikan klarifikasi.

Baca Juga  Launching E - Samsat, Kapolda Maluku Terima Kunjungan Bapenda & Jasa Raharja

Dalam wawancara dengan awak media, Kasdam mengatakan “Berdasarkan Surat Telegram Kasad No 2619 tanggal 29 agus 2019 tentang perubahan alokasi rekrutmen Bintara PK TNI AD dan hasil keputusan sidang penerimaan Calon Bintara Pk. Ta 2019 di Jakarta memutuskan untuk Kodam XVI/Pattimura tahun ini, hanya membutuhkan 114 orang dengan perincian Panda Maluku dari daerah Saumlaki, MTB 18 orang. Untuk Panda Malut, Tidore 25 orang, Tobelo 20 orang, Labuha 38 orang dan Sanana 13 orang.

Kebijakan baru Kasad tentang perubahan alokasi rekrutmen TNI-AD yang terbatas berlaku di seluruh Kodam, hal tersebut terkait dengan anggaran prajurit yang harus efektif dan tepat sasaran sehingga Kodam XVI/Pattimura yang termasuk Kodam wilayah Timur hanya mendapat kuota Bintara TNI-AD sebanyak 114 orang.

Baca Juga  Bank Maluku-Malut Serahkan Bantuan ke Satgus Covid-19 Pemkot Tidore

Saat ini, TNI AD sedang menghitung cermat terkait masalah personel, sehingga anggaran dari negara harus tepat sasaran. Setelah diperhitungkan, personel TNI AD di seluruh Indonesia untuk Rekrutmen Bintara PK TNI AD mengalami pembatasan karena banyak satuan-satuan sudah banyak terpenuhi.

“Melalui Rekrutmen Bintara TNI-AD Kodam XVI/Pattimura inginkan pemerataan, Kenapa tidak mengambil dari Maluku? Karena kita ingin mengambil putera-putera daerah perbatasan untuk mengisi Kodim-kodim dan wilayah-wilayah yang membutuhkan. Hal ini bukan hanya  di Maluku tapi MBD, MTB termasuk Pulau-Pulau Terluar lain.” Ujar Kasdam.
“Ini semata-mata menata personel TNI agar bagus dan mampu menyerap putera-puteri daerah maluku yang memang memiliki keterwakilannya masih terbatas” tegas Kasdam.

Baca Juga  Anggota Polres MTB Sabet Emas di Kejurda Pencak Silat Tingkat Provinsi

Kasdam berpesan “Jangan Menyerah dan Putus Asa, Semoga Tahun Depan Bisa”. (Keket)