Bergaya Adventure, Suzuki V-Strom SX 250 Cuma Rp 30 Jutaan

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Motor bergaya adventure saat ini tengah diminati. Suzuki Motorcycle India pun langsung merespons tren tersebut dengan menghadirkan V-Strom SX 250.

Mengutip Rideapart, Suzuki V-Strom SX 250 ini dijual dengan harga USD2.778 atau setara Rp 39,8 juta. Sebelumnya di 2019 Suzuki sudah meluncurkan V-Strom 250 yang jadi model entry level dari keluarga V-Strom 1.050 cc, 1.000 cc, 650 cc, dan di tahun ini muncul SX 250.

Lantas apa saja keunggulan yang ditawarkan Suzuki V-Strom SX 250, dan seberapa besar peluangnya untuk dijual di Indonesia? Mengingat tren motor petualang kini tengah menjamur dan jadi buruan para konsumen.

Sudah jelas jika motor ini kental dengan nuansa motor adventure. Itu bisa dilihat dari bentuk depan yang mengaplikasikan spakbor tambahan berbentuk paruh bebek. Kemudian ada juga spakbor utama di bagian bawah dengan warna kontras hitam sehingga visualnya terlihat makin garang.

Suspensi depannya pakai model teleskopik namun agar DNA petualangnya makin terpancar, pabrikan sengaja menggunakan travel yang panjang. Sementara di belakang menggunakan model monoshock dengan pengaturan tingkat kekerasan.

Baca Juga  Tak Hadiri Penghargaan FIFA, Begini Pesan Filosofis Ronaldo

Layaknya motor petualang yang lain, di bagian samping menggunakan komponen shroud, tapi bedanya di motor ini pakai model sedikit meruncing ke bawah. Sementara pada sektor buritan terdapat komponen behel yang cukup besar, pemilik dapat memanfaatkannya juga sebagai dudukan top box.

Sementara kedua velg pakai model cast wheel alias racing yang kedua rodanya berukuran belang, 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Ukuran ban pakai profil 100/90 dan 140/70.

Suzuki V-Strom SX 250 menggunakan mesin yang sama dengan Gixxer SF 250 yang sudah diluncurkan di Indonesia. Dia memiliki kapasitas tepat 249 cc, SOHC, 1-silinder, 4-katup, 4-tak, pendingin oli, dan sudah berpengabut injeksi.

Klaim pabrikan dengan penggunaan jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 26,1 hp pada 9.300 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Baca Juga  Pasha Kembali, Ungu Eksis Lagi

Bentuk tubuh dari motor ini terbilang kompak,  panjangnya 2.180 mm, lebar 880 mm, dan tinggi 1.335 mm. Sementara untuk jarak sumbu roda 1.440 mm, ground clearance 205 mm, tinggi jok 835 mm, dan berat total kendaraan 167 kg. 

Untuk menemami aktivitas harian atau bahkan diajak berpetualang, Suzuki V-Strom SX 250 mampu menenggak bensin sampai 12 liter. Ukuran tangkinya ini cukup ideal untuk sepeda motor bermesin 250 cc.

Kelengkapan Fitur Suzuki V-Strom SX 250

Produk baru andalan Suzuki India ini sudah dilengkapi dengan lampu depan berteknologi LED, panel meter full digital yang berisikan informasi penting kendaraan, USB Port, dan penggunaan windscreen yang cukup tinggi.

Tapi sayang tak ada informasi atau data resmi apakah komponen penghalau angin itu bisa diatur tinggi rendahnya.

Selebihnya untuk menambah keasyikan berkendara sudah terpasang peranti konektivitas gawai atau yang dinamakan mereka sebagai Suzuki Ride Connect.

Baca Juga  Fraksi Pembangunan Bangsa DPRD Maluku, Kutuk Aksi Penculikan Aktivis HMI Cabang Ambon

Nanti pemilik bisa melakukan pairing antara smartphone dengan motor untuk menikmati beberapa fitur yang disajikan.

Fitur keselamatannya, tersedia pengereman ABS (Anti-lock Braking System) 2 kanal. Artinya gejala ban terkunci baik roda depan dan belakang dapat diminimalkan saat melakukan pengereman mendadak dengan keras.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda jika Suzuki Indonesia akan meluncurkan produk baru, termasuk V-Strom SX 250. Terakhir mereka merilis Gixxer SF 250 di 2021 itu pun sebenarnya produk yang sudah lama diluncurkan di India.

“SIS tidak dapat berkomentar untuk produk-produk yang belum di pasarkan di indonesia. Namun kami tetap usahakan untuk menghadirkan produk produk untuk memenuhi harapan konsumen,” kata 2 Wheels Sales & Marketing Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Teuku Agha, belum lama ini.

(red/oto.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.