Berlatih Setahun, Ade Mampu Mainkan Ukulele Sambil Bernyanyi

oleh -123 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Awalnya hanya berkeinginan bisa memainkan alat musik jenis ukulele, namun belakangan keinginan ini malah menjadi sebuah keseriusan dan berbuah prestasi.

Ya, inilah yang dialami nona Ambon hitam manis rambut pirang dengan nama lengkap, Quilette de Fretes yang akrab dipanggil Ade.

Ternyata dalam kurun waktu 1 tahun saja, keinginannya yang semula hanya sebatas mengasah kemampuan, justru berubah menjadi bakat dan berbuah prestasi.

Hal ini dibenarkan Ade dalam keterangannya kepada wartawan, di Lapangan Merdeka-Ambon, Sabtu (23/11).

”Semenjak berusia 10 tahun dan duduk di bangku kelas 5 SD saya sudah memiliki dream,” ujarnya.

Keinginan memiliki keterampilan memainkan alat music ukulele ini, aku putri pasangan Berry de Fretes dan Ola Leiwakabessy, mulai tumbuh ketika dirinya melihat teman sebantarannya, Chelsea Tuhumury, bernyanyi sambil memainkan alat music dimaksud.

Baca Juga  Nono Sampono Minta Putri Maluku Suarakan RUU Daerah Kepulauan di Ajang Putri Indonesia 2020

Alhasil, siswa SD Negeri 1 Ambon ini pun termotivasi akan keahlian temannya dan ingin memiliki kemampuan dan skill yang sama seperti temannya.

”Keinginan saya terwujud, karena dalam setahun kemudian mimpi saya jadi kenyataan. Wah senang sekali, kayaknya keinginan saya mulai kesampaian,” celetuknya,” tegasnya.

Bermodalkan latihan bermain ukulele selang 30 menit hingga 1 jam, akunya, ia pun memberanikan diri bergabung dengan group Amboina Ukulele Kids Comunity (AUKC) di Amahusu yang dikoordinir Nico Tulalessy, bahkan sudah beberapa kali tampil dalam ajang pentas seni.

Ketika ditanyakan tentang lagu favoritnya, Ade pun memainkan sebuah lagu rohani ”Tak Ku Tahu Kan Hari Esok” dan dibarengi dengan sebuah lagu reagge ”You Are My Sunshine”.

Baca Juga  Sudah 19.533 Warga Kota Ambon Jalani Vaksinasi Covid-19

Meski dalam usia belia, Ade yang bercita-cita menjadi Polwan ini pun sudah mampu mengukir berbagai prestasi berbagai bidang.

Di antaranya pernah mengikuti lomba sains antar SD se-Kota Ambon, Juara umum viral CB untuk like tag, Hashtag terbanyak dalam rangka HUT AMGPM Cabang Bethel Agustus 2019 lalu, juga mengikuti perform event di Jalan Baroe 19, perform di gereja-gereja dan hingga perform resmi adalam sebuah acara musik di stasiun TVRI.

Dukungan kedua orang tuanya, jelasnya, menjadi motivasi sendiri bagi dirinya dalam meraih prestasi.

”Untuk itu, selagi ada kesempatan untuk bersama, ya bersama dan senang kan orang tua. Prinsipnya, selagi masih bisa, berikan yang terbaik dan membanggakan mereka,” umbarnya sumringah.

Baca Juga  Chadwick Boseman Cetak Sejarah, Masuk 4 Nominasi SAG Awards dalam Setahun

Selain dukungan orang tua, tambahnya, motivasi dari dalam diri juga harus dibarengi dengan kebiasaan berdoa.

”Yang jelas kita harus selalu berdoa, karena usaha bagaimanapun tanpa diiringi doa, akan percuma. Jangan sampai berhenti berlatih, serius sabar adalah kuncinya. Setiap anak punya talenta dan beta mau anak anak kota Ambon tidak malu-malu untuk mengembangkan talenta yang Tuhan berikan dan memberikan talentanya kembali untuk Tuhan dan sesama,” pungkasnya. (red)