Bersifat Terbuka, PKS Kunjungi AMGPM Kota Ambon

oleh -137 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Ambon melakukan Silahturahmi Kebangsaan dengan mengunjungi Kantor Sekretariat Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Kota Ambon, pada Kamis (3/6/2021).

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Ambon, Yusuf Wally, Sekretaris Umum, Malik Raudhi Tuasamu dan beberapa pengurus PKS yang juga beragama Kristen serta pengurus lainnya.

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi kebangsaan menuai pujian dan langsung diterima Ketua AMGPM Kota Ambon, Ivana Tuhumena beserta Sekretaris dan 6 pengurus AMGPM Kota Ambon di Kantor AMGPM.

Yusuf Wally selaku ketua PKS Kota Ambon menyampaikan, bahwa PKS adalah partai terbuka, serta PKS adalah partai milik anak bangsa di Kota Ambon. Untuk itu PKS akan berjalan sesuai dengan pedoman Pancasila dan senantiasa menghormati kebhinekaan, sehingga hadirnya PKS yang merupakan partai Islam bukan menjadi penghalang bagi siapa saja untuk masuk dan berkarier politik di PKS.

“PKS merupakan partai Islam, tapi bukan berarti mereka yang non Muslim tidak bisa berkarir politik di partai ini. Di Maluku, ada anggota dewan PKS beragama Kristen. Periode 2014 ada hadir dua anggota dewan dan pada 2019 lalu satu orang lolos sebagai anggota dewan beragama Kristen di Kabupaten Kepulauan Tanimbar”, ujarnya.

Baca Juga  Jengkel, Seorang Ibu di Boyolali Aniaya Anak Kandung Hingga Tewas

Ivana selaku ketua AMGPM Kota Ambon sangat mengapresiasi kunjungan PKS, pasalnya baru kali ini ada partai politik yang mengunjungi AMGPM Kota Ambon.

“Secara resmi, baru kali ini ada partai politik yang mengunjungi kami, apalagi PKS adalah partai Islam. Kami memberikan apresiasi terhadap langkah yang dilakukan PKS dslam agenda silaturahmi kebangsaan ini. AMGPM kedepan dapat bekerjasama dengan PKS dalam agenda Kebangsaan, sehingga pertemuan hari ini bukan hanya sekedar pencitraan, namun benar-benar dapat membawa dampak baik kepada masyarakat sehingga menghadirkan harmoni antar umat beragama di Kota Ambon. Kedepan kami akan melihat kader- kader AMGPM agar dapat berkiprah di politik bersama dengan PKS”, tutur Ivana.

Wally menjelaskan, kegiatan kunjungan seperti ini harus sering dilakukan PKS untuk lebih memperkenalkan PKS pada masyarakat, sehingga tidak ada penilaian yang salah terhadap partai PKS, yang merupakan partai Islam.

Baca Juga  Tanda-Tanda Jokowi Bakal Meninggalkan PDIP, Manuvernya Sudah Kelihatan

Menurutnya, dengan hadirnya partai politik di negara adalah demi kesejahteraan masyarakat, agar demokrasi dapat terjaga. Silaturahmi kebangsaan yang dilakukan PKS juga untuk memberikan pembelajaran politik bagi masyarakat.

Dirinya juga menuturkan, bahwa pergantian logo PKS yang saat ini dengan warna dominan oranye, menggambarkan warna kecintaan masyarakat Kota Ambon, membawa dampak positif bagi PKS di kota Ambon.

“PKS berasaskan Islam, dengan kerja- kerja untuk melayani masyarakat. Program pelayanan yang sering dilakukan PKS sama halnya yang dilakukan AMGPM. Malah kami sangat apresiasi pembentukan kader dalam diri AMGPM, sehingga menjadi unggul. Seperti contoh kader terbaik AMGPM yang berada di DPRD Kota Ambon saat ini Lucky Upulatu Nikijuluw dan Jhoni Wattimena” ungkap Wally yang juga aleg Kota Ambon ini.

Di tempat yang sama, Malik Raudhi Tuasamu selaku Sekretaris PKS Kota Ambon juga menyampaikan, PKS sangat memperkenankan kader AMGPM untuk maju menjadi penghubung masyarakat didewan bersama PKS. Walaupun PKS berasaskan Islam, namun PKS adalah partai terbuka sehingga kedepannya muncul juga calon yang beragama Kristen yang akan lolos menjadi anggota dewan.

Baca Juga  Trump Akui Yerusalem Ibu Kota Israel, Harga Emas Menguat

“Hari ini masyarakat pasti akan melihat figur calon dewan kedepan, bukan hanya masalah partai politik, sehingga pemilu 2019 lalu lolos Anggota dewan beragama Kristen dari partai Islam di DPRD Kota Ambon, yakni Swenly Hursepuni dapil 1 Sirimau dan Ari Sahertian dapil 3 Nusaniwe”ujar Sekum.

PKS berharap dengan melakukan silaturahmi kebangsaan dengan AMGPM kota Ambon, akan selalu terjaga nilai-nilai kebangsaan yang akan dijalankan selaku partai Islam dan lembaga Kristen di Kota Ambon, karena menurut PKS, Ambon adalah etalase persaudaraan yang senantiasa dibangun dengan jiwa bersaudaraan yang senantiasa dijaga.

“Di era keterbukaan seperti saat ini, perlu menjaga persaudaraan serta bagaimana kita berbuat untuk memajukan Kota Ambon. Jiwa merdeka yang diberikan Maha Kuasa dengan memberikan sumber daya untuk kehidupan kita selaku insan yang percaya dengan pencipta, dapat menjadi bekal kehidupan yang terus dipelihara serta dilestarikan secara berkelanjutan”, tutup Wally. (alena)