Bersih-Bersih Oposisi, Rezim Erdogan Sikat 82 Personel Militer Turki

oleh -51 views
Link Banner

Porostimur.com | Ankara: Rezim Recep Tayyip Erdogan kembali melakukan penangkapan terhadap orang-orang yang dituduh sebagai pendukung ulama kawakan Fethullah Gulen. Kali ini operasi pembersihan lawan politik menyasar 82 tentara Turki. 

Sejak pemerintah meredam upaya kudeta empat tahun lalu, operasi yang menargetkan jaringan pendukung Fethullah Gulen terus berlanjut.

Gulen menyangkal keterlibatan dalam upaya percobaan kudeta pada Juli 2016, yang menewaskan sekitar 250 warga Turki.

Operasi penangkapan yang berlangsung pada Selasa (1/12) dilakukan di 39 provinsi dan 63 tersangka langsung ditahan pada hari itu juga.

Dari total 82 tentara yang masuk daftar tersangka, 70 di antaranya merupakan anggota aktif militer.

Kantor berita resmi Turki, Anadolu, juga menyebutkan bahwa operasi penangkapan itu diperintahkan oleh kepala kejaksaan di Provinsi Izmir, daerah di pesisir barat Turki.

Baca Juga  Toisuta Kukuhkan Pengurus MUI Kecamatan Se-Kota Ambon

Operasi itu juga merupakan upaya untuk menangkap 848 tentara, yang di antaranya termasuk para pejabat tinggi, karena mereka diyakini terlibat dalam jaringan Gulen.

Sejak percobaan kudeta berakhir, sekitar 8.000 orang di Turki masih menunggu waktu sidang. Dari jumlah itu, 15.000 di antaranya merupakan pegawai negeri, tentara, sementara sisanya ada yang dipecat atau diskors dari pekerjaannya. Lebih dari 20.000 orang juga dipecat dari militer Turki.

Pekan lalu, pengadilan Turki menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada para pemimpin percobaan kudeta. Keputusan pengadilan Turki itu menghukum ratusan perwira militer, pilot dan warga sipil atas upaya kudeta yang gagal untuk menggulingkan Presiden Tayyip Erdogan.

Baca Juga  Daftar Negara ASEAN yang Terancam Resesi Susul Singapura

Sejauh ini, Gulen, lawan politik Erdogan, masih menjalani pengasingan di Amerika Serikat. (red/dil/jpnn)