Bersihkan opini disclaimer, Pemkab Bursel cek kendaraan dinas

oleh -59 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Salah satu penyebab belum bisa keluarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru Selatan (Bursel) dari opini disclaimer oleh BPK yakni masalah aset.

Karenanya, Pemkab Bursel pun menggelar pemeriksaan aset berupa kendaraan dinas roda dua dan roda empat dengan melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku.

Hal ini dibenarkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bursel, Abdul Mutalib Laitupa, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Namrole, Kamis (16/5).

”Salah satu faktor yang menyebabkan kita belum bisa keluar disclaimer selama ini akibat aset kita yang belum terdata secara baik. Karena selaman ini Pemkab Bursel telah berupaya untuk mendata aset namun belum efektif. Banyak kendaraan dinas yang tidak dipergunakan sesuai kententuan yang berlaku. Untuk menertibkan aset kita, maka melalui pemeriksaan yang dilakukan BPK atas kendaraan dinas tahun 2009- 2018,” ujarnya.

Pemeriksaan dimaksud, akunya, juga akan dilakukan tim pemeriksa BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku atas kendaraan dinas yang rusak dan sedang berada di bengkel.

Baca Juga  Iran Kirim 3 Roket Kedubes AS di Baghdad Luluh Lantak, 3 Orang Tewas

”Untuk kendaraan dinas yang masih berplat nomor putih dan tidak memiliki plat nomor, namun merupakan aset daerah akan tetap dicatat. Kalau barangnya hilang akan kita minta keterangan polisi untuk membutikannya,” tegasnya.

Selain itu, jelasnya, khusus untuk kendaraan dinas yang tidak memiliki kelengkapan surat atau pun dokumennya akan ditahan ketika selesai kepengurusannya nanti.

”Bagi kendaraan pejabat atau staf yang seharusnya berada di SKPD tertentu, namun ketika pejabat atau staf itu dimutasi ke SKPD lain dan kendaraan dinas turut dibawa, maka akan dikembalikan ke SKPD sebelumnya. Sedangkan untuk kendaraan dinas yang berada di luar daerah akan ditarik. Jika tidak mau dikembalikan, kami akan meminta aparat kepolisian untuk mengambilnya secara paksa,” pungkasnya. (lely)