Besok, KPK Panggil Mantan Anggota KPU Wahyu Setiawan Terkait Kasus Harun Masiku

oleh -58 views

Porostimur.com, Jakarta – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemanggilan terhadap mantan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, Kamis (28/12/2023). Dia hendak diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi terkait penyidikan kasus dugaan suap penetapan anggota DPR periode 2019 sampai 2024 yang menjerat Harun Masiku.

KPK diketahui telah menetapkan Harun Masiku sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Hanya saja, sampai saat ini Harun masih buron dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Sebagai tindak lanjut penyelesaian penyidikan perkara kaitan dugaan suap penetapan anggota DPR RI periode 2019 sampai dengan 2024 dengan tersangka HM (Harun Masiku), besok Kamis (28/12) bertempat di Gedung Merah Putih KPK, Tim Penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi, Wahyu Setiawan,” kata Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga  Melihat Peluang Hak Angket Pemilu Curang, Bakal Berlanjut atau Gagal?

Wahyu Setiawan dinilai memiliki informasi yang dibutuhkan tim penyidik KPK untuk membuat terang kasus tersebut. Untuk itu, tim penyidik KPK membutuhkan keterangan Wahyu dalam rangka pendalaman lebih lanjut.

Sementara itu, Ali Fikri belum membeberkan soal detail materi yang hendak didalami lewat pemanggilan Wahyu Setiawan besok. Dia hanya menyampaikan, KPK sudah melayangkan surat panggilan terhadap yang bersangkutan.

“Surat panggilan sudah dikirimkan tertanggal 22 Desember 2023,” ujar Ali Fikri.

Harun Masiku merupakan mantan caleg PDIP yang terjerat perkara dugaan suap dalam PAW anggota DPR periode 2019-2024. Dia diduga menyuap Komisioner KPU saat itu, Wahyu Setiawan supaya dapat ditetapkan sebagai anggota DPR. Namun, sejak OTT terhadap Wahyu dan sejumlah pihak lain pada 8 Januari 2020 hingga saat ini, Harun Masiku masih buron dan menghirup udara bebas.

Merujuk penjelasan sebelumnya, Kepala Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri, Irjen Pol Krishna Murti mengungkapkan soal dugaan Harun Masiku berada di Indonesia. Sebelumnya, Harun sempat dikabarkan bersembunyi di Kamboja.

Baca Juga  10 Caleg Suara Terbanyak se-Indonesia Saat ini, Hillarry Lasut Juara 3

“Ada data perlintasan yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan (Harun Masiku) ada di dalam negeri. Rumor-rumor yang beredar seperti itu,” kata Krishna di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Hanya saja, Krishna menjelaskan saat itu, pihaknya tetap melakukan penelusuran terkait dugaan Harun Masiku di luar negeri. Akan tetapi, dia mengaku tak ingat waktu persis Harun Masiku terendus berada di Indonesia.

KPK di lain sisi justru menyebut info Harun Masiku ada di Indonesia merupakan data lama. Harun memang masuk ke Indonesia jika mengacu pada data perlintasan resmi. Brigjen Asep Guntur menyampaikan, belum ada data perlintasan terbaru dari Harun Masiku.

“Tidak tercatat kembali ketika yang bersangkutan keluar dari Indonesia,” kata Direktur Penyidikan KPK, Brigjen Asep Guntur di Jakarta, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga  Perolehan Suara 3 Pimpinan DPRD Kabupaten Kepulauan Sula yang Nyaleg Lagi

KPK menduga Harun Masiku keluar dari Indonesia melalui jalur tak resmi. KPK pun sempat menelusuri dugaan keberadaan yang bersangkutan di negara tetangga.

sumber: beritasatu

No More Posts Available.

No more pages to load.