Bicara Kamtibmas Kapolda Maluku Temui Pangdam Pattimura

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si, menemui Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman. Keduanya duduk bicara tentang kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Pertemuan silaturahmi Kapolda Maluku berlangsung di rumah dinas Pangdam Pattimura, bilangan Tapal Kuda, Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa (15/12/2020).

Orang nomor 1 Polda Maluku ini datang tidak sendiri. Dia didampingi sejumlah pejabat utama Polda Maluku. Yaitu Karo Ops, Direktur Intelkam, Direktur Sabhara, Dansat Brimob dan Kabid Humas Polda Maluku.

Kedatangan Kapolda dan para Pejabat Utama Polda Maluku disambut hangat oleh Pangdam yang juga didampingi sejumlah pejabat Kodam XVI/Pattimura.

“Terimakasih kepada Pak Kapolda yang sudah boleh datang ke sini, di rumah dinas Pangdam Patimura,” sapa Mayjen TNI Agus Rohman.

Setelah memperkenalkan para pejabat utama Kodam Pattimura, Agus Rohman mengaku dalam pengamanan Pilkada hingga saat ini, pihaknya bertugas membackup Pemerintah Daerah dan Polri.

“Kami sesuai dengan tugas di sini adalah memperbantukan Pemda dan Polri dalam pelaksanaan PAM Pilkada yang sedang berlangsung,” katanya.

Menurutnya, Kodam Pattimura dan jajaran tidak hanya membackup aparat kepolisian mengamankan pilkada di Maluku saja, namun juga di Maluku Utara.

Baca Juga  Angka Covid-19 Terus Naik, Indonesia Terburuk di ASEAN

“Kodam Patimura mempunyai dua wilayah yaitu Maluku dan Maluku Utara dan dalam pelaksanaan Pilkada semuanya berjalan dengan aman dan lancar, Koramil dan Polsek juga bekerja sama dengan baik sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik,” terangnya.

Pangdam Agus mengaku, berbagai persoalan bisa dilalui jika kebersamaan, kekompakan dan solidaritas antara TNI dan Polri terus ditingkatkan.

“Kekompakan dan kebersamaan membuat kita kuat, sekecil apapun permasalahan harus diselesaikan,” ujarnya.

Agus berharap, rencana pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mendatang juga bisa dilaksanakan secara baik, aman dan nyaman.

“Di sini juga ada kompi Pamrahwan di daerah perbatasan. Semoga kita bisa menghindari kajadian seperti yang lalu-lalu,” harapnya.

Senada, Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri menyampaikan terimakasih kepada Pangdam yang sudi menerima kedatangan pihaknya. Ia juga memperkenalkan para pejabat yang ikut hadir.

Baca Juga  Bupati Morotai Buka Kegiatan Diklat Kompetensi Hospitality dan Parawisata

“Terima kasih juga kepada Pak Pangdam yang sudah sama-sama turun ke wilayah yang melaksanakan pilkada,” katanya.

Saat mengunjungi empat daerah penyelenggara pilkada di Maluku, Kapolda juga menyampaikan dirinya menyempatkan waktu untuk berkunjung di kompi-kompi TNI AD.

“Saya pada saat kunjungan ke Wilayah yang melaksanakan pilkada juga mampir ke  kompi-kompi di sana dan tempatnya sangat bagus karena juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga yang lengkap,” ungkapnya.

Mantan Kakor Lantas Polri ini mengakui setibanya di kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Buru Selatan dan Seram Bagian Timur, dirinya melihat adanya kebersamaan dari semua pihak.

“Kami saat turun di sana melihat semua bekerja sama dengan sangat bagus saat melaksanakan pengamanan karena yang sangat menentukan kehadiran TNI/Polri yang memberikan rasa aman,” terangnya.

Dengan kondisi keamanan yang terus kondusif pasca pencoblosan pada Rabu (9/12/2020) lalu, Kapolda kembali menyampaikan terimakasih kepada rekan TNI yang selalu ada memberikan backup.

Baca Juga  Tingkatkan Ibadah dan Bekerja, Polres Malteng Gelar Isra Miraj

“Kami juga sangat berterima kasih kepada sahabat kami TNI  yang selalu ada dan bisa meyakinkan kami dalam melaksanakan tugas dan khususnya di kewilayahan yang melaksanakan pilkada,” imbuhnya.

Jenderal bintang dua Polri ini berharap kepada semua pihak di Maluku agar tidak terpengaruh dengan berbagai kejadian di Jakarta.

“Saya juga berharap bagaimana kita tidak terpengaruh dengan kejadian-kejadian di Jakarta. Selalu berkomitmen dan bekerjasama antara Kapolres dan Dandim, Kapolsek dan Danramil,” katanya.

Terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru yang sebentar nanti akan dirayakan umat Nasrani, Kapolda mengaku salut kepada seluruh lapisan masyarakat yang saling menghargai keberagaman. Hingga kini provinsi para Raja-Raja ini tetap damai.

“Pengamanan Natal dan Tahun Baru masyarakat sudah sangat saling menghargai sehingga bisa damai. Operasi kepolisian dengan melibatkan rekan TNI dan bersama-sama Pemda bergandengan tangan sehingga apa yang dilakukan bisa berjalan dengan baik,” harapnya. (valen)