Bidang Kebudayaan Dikbud Malut Gelar Wisata Budaya Bersama Tim Ahli

oleh -36 views

Porostimur.com | Ternate: Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku utara (Malut) Kamis, 30/12 menggelar Wisata Budaya, bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan Tim Ahli Warisan Budaya Tak Benda (TA.WBTB)

Wisata Budaya tersebut dilaksanakan dengan berkunjung ke tempat Cagar Budaya kemudian diskusi bersama dengan tema “Menelusuri Jalur Rempah Maluku Utara”

Kepala Bidang Kebudayaan Dikbud Malut, Darwin Rahman menyebutkan, Bidang Kebudayaan Dinas pendidikan Provinsi Maluku Utara akan melakukan sejumlah kegiatan di tahun 2021. Yakni kegiatan perlindungan kebudayaan, berupa penyiapan data usulan, pendaftaran warisan budaya benda dan tak benda. Menyiapkan format pendataan warisan budaya benda dan tak benda, menyiapkan format muatan indeks pemajuan kebudayaan (IPK), mempersiapkan platform jalur rempah Maluku Utara berupa menentukan branding jalur rempah Maluku Utara.

Baca Juga  Rabu Besok PDIP Maluku Mulai Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah

“Sehingga Kita dapat menentukan apakah yang tepat adalah Cengkih, pala, perahu kora kora atau apa, sesuai dengan kearifan lokal yang ada,” katanya.

Link Banner

Selain itu menentukan titik start penelusuran jalur rempah, pemajuan jalur rempah penguatan nilai sejarah, warisan budaya benda dan tak benda, dan cagar budaya melalui kajian, dan seminar.