Biden Buat Gebrakan Lagi, Calonkan Suku Asli Amerika Jadi Mendagri AS

oleh -18 views

Porostimur.com | Washington: Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden kembali membuat gebrakan dengan menominasikan suku asli Amerika sebagai calon Menteri Dalam Negeri AS.

Kandidat yang dinominasikan Biden tersebut adalah Deb Haaland yang kini duduk di kursi DPR AS dari daerah pemilihan Distrik Pertama New Mexico.

Jika dikonfirmasi, Haaland akan menjadi suku asli Amerika yang memimpin Kementerian Dalam Negeri AS sebagaimana dilansir dari BBC, Kamis (17/12/2020).

Selain itu, Haaland juga akan menjadi suku asli Amerika pertama yang menjabat sebagai posisi menteri di AS, jika benar-benar dikonfirmasi Senat AS.

Sebelumnya, kelompok hak asasi suku asli Amerika dan kubu Demokrat yang progresif telah mendorong pencalonan Haaland dalam beberapa pekan terakhir.

Haaland mengaku bangga jika dia benar-benar menjadi Menteri Dalam Negeri AS dan berjanji akan memperbaiki hubungan pemerintah AS dengan suku-suku asli Amerika.

Baca Juga  8 Pasangan Anak Artis Hollywood yang Pernah Menjalin Asmara

“Dan bertugas sebagai anggota kabinet dari suku asli Amerika pertama dalam sejarah negara kita,” kata Haaland dalam sebuah pernyataan yang dikutip di New York Times.

Haaland berasal dari suku Laguna Pueblo yang menidami dekat Albuquerque, New Mexico, AS.

Dia sebelumnya membuat sejarah sebagai salah satu dari dua wanita suku asli Amerika pertama yang terpilih menjadi anggota DPR AS pada 2018.