Biden Larang Perusahaan AS Investasi Teknologi Sensitif di Cina

oleh -51 views

Porostimur.com, Washington – Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif yang akan melarang beberapa investasi teknologi sensitif di Cina seperti cip komputer dan mewajibkan sektor teknologi lain memberitahu investasinya di Cina ke pemerintah. Perintah ini memberi wewenang kepada Menteri Keuangan AS untuk melarang atau membatasi investasi AS pada entitas-entitas Cina di tiga sektor: semikonduktor dan mikroelektronika, teknologi informasi kuantum, dan sistem kecerdasan buatan.

Pemerintah mengatakan pembatasan tersebut hanya berlaku untuk “bagian kecil” dari ketiga bidang tersebut, tetapi tidak memberikan detailnya lebih lanjut. Proposal ini terbuka untuk masukan dari publik. Perintah ini bertujuan untuk mencegah modal dan keahlian Amerika membantu Cina mengembangkan teknologi yang mendukung modernisasi militernya dan membahayakan keamanan nasional AS. Langkah ini menargetkan ekuitas swasta, modal ventura, usaha patungan, dan investasi baru.

Baca Juga  Jeffry Rahawarin Salurkan Puluhan Hewan Kurban untuk Umat Muslim di Maluku

Dalam suratnya ke Kongres, Biden mengatakan ia mendeklarasikan keadaan darurat nasional untuk menghadapi ancaman kemajuan negara-negara seperti Cina “dalam teknologi dan produk sensitif yang sangat penting bagi militer, intelijen, pengawasan, atau kemampuan siber.” Cina mengatakan pihaknya “sangat prihatin” dengan perintah tersebut dan mereka berhak untuk mengambil tindakan.