Bikin Terlihat Tua? Ini 6 Kekeliruan Saat Gunakan Makeup yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

oleh -24 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Hampir semua perempuan tidak bisa lepas dari makeup, apalagi saat hendak bepergian. Dalam keseharian pun kita sering menyempatkan meski hanya sekedar menggunakan bedak ataupun lipstik di tengah kesibukan.

Kita mungkin berpikir bahwa bermakeup cukup hanya dengan bisa saja tanpa harus memerhatikan hal lainnya. Padahal banyak kekeliruan yang perlu kita ketahui untuk menghindari kesalahan dalam bermakeup.

Kekeliruan Makeup yang Membuat Wajah Nampak Tua

Nah, Ladies berikut kekeliruan makeup yang tidak disadari membuat kita tampak tua. Simak di sini yuk!

1. Tidak Mencuci atau Membersihkan Wajah Sebelum Bermakeup

Membersihkan Wajah
Mencuci atau Membersihkan Wajah Sebelum Bermakeup/Pexels/Ron Lach

Sebelum mengaplikasikan makeup pada wajah tentunya tidak sembarangan ya. Kita perlu mencuci atau membersihkan wajah terlebih dahulu. Makeup yang tahan lama dikarenakan pengaplikasian dilakukan pada wajah yang bersih.

Tidak membersihkan wajah dan langsung bermakeup justru akan memicu timbulnya jerawat pada wajah. Bahkan wajah kita pun mudah terkontaminasi bakteri atau kuman yang akan menempel pada makeup. So, sebelum mengaplikasikan makeup, pastikan membersihkan wajah terlebih dahulu ya.

Baca Juga  Kemenko Marves Proses Izin Pembuangan Limbah Tailing Ke Laut

2. Pijatan yang Salah pada Wajah dan Mata

Pijatan pada Wajah dan Mata
Pijatan yang Salah pada Wajah dan Mata/Pexels/George Milton

Tergesa-gesa atau bahkan asal tempel foundation maupun bedak, tanpa kita sadari bisa menimbulkan kerutan di wajah. Pengaplikasian foundation dan bedak yang baik adalah dari tengah ke samping atau dari bawah ke atas. Dahi ke pelipis bawah dan dagu menuju hidung.

Ladies yang memiliki kantung mata tentunya berusaha untuk menutupi. Biasanya kita memijat ke luar area mata, padahal yang benar adalah memijat melingkar ke dalam mata. Jika kita salah dalam melakukan pijatan wajah dan mata di atas malah akan menimbulkan kerutan di wajah.

3. Takaran Makeup yang Keliru

Takaran Makeup
Takaran Makeup yang Keliru/Pexels/Georgia Milton

Ladies, jangan mengaplikasikan pelembab terlalu banyak jika memiliki kulit wajah yang berminyak. Timbulnya minyak berlebih di wajah malah akan membuat kita terus menerus menyeka wajah yang justru akan menimbulkan kerutan. 

Baca Juga  Polres SBB Gelar Pengisian Kuisioner Indeks Tata Kelola

Pengaplikasian pelembap yang banyak hanya berlaku bagi kamu yang memiliki wajah kering. So, jika memiliki kulit berminyak perhatikan kembali takaran dari pelembabnya ya.

4. Penggunaan Bedak yang Sembarangan

Menggunakan Bedak
Penggunaan Bedak yang Sembarangan/Pexels/Polina Tankilevitch

Gunakan jempol dan jari tengah saat memegang spons dan jari telunjuk untuk menekannya. Pemakaian bedak bukan dengan cari digosok, tapi ditempel-tempel perlahan. Jika pengaplikasian bedak dilakukan sembarangan yaitu dengan digosok malah akan menimbulkan kerutan.

5. Media Pengaplikasian Toner dan Penyegar yang Salah

Menggunakan Toner dan Penyegar
Media Pengaplikasian Toner dan Penyegar yang Salah/Pexels/Sora Shimazaki

Dalam mengaplikasikan toner dan penyegar biasanya kita menggunakan media kapas. Alangkah lebih baiknya kita menggunakan tissue atau kain, hal ini dikarenakan material kapas mudah terurai.

Baca Juga  Rayakan Dies Natalis ke-22, STBA LIA Gelar Webinar Gratis bertema Karier Presenter TV, Penerjemah & Interpreter

6. Tidak Membersihkan Wajah Setelah Bermakeup

Membersihkan Wajah Setelah Bermakeup
Tidak Membersihkan Wajah Setelah Bermakeup/Pexels/Ekaterina Bolovtsova

Zat kimia dalam makeup tentunya harus dibersihkan setelah bermakeup apalagi saat kita hendak tidur. Jika kita biarkan, maka zat kimia yang menumpuk pada wajah akan memicu kerutan dan jerawat, bahkan iritasi.

Ladies, jika kita tidak ingin terlihat tua saat menggunakan makeup, maka perhatikan keenam kekeliruan di atas ya!

(red/beautynesia)