Biografi Habib Cikini, Habaib Asal Hadhramaut yang Menikah dengan Muslimah Asli Jatinegara

oleh -140 views

Biografi Habib Cikini atau Habib Abdurahman Cikini, penting diketahui oleh generasi masa kini. Beliau adalah seorang habib yang sangat populer di Jakarta dan ada kaitannya dengan kawasan Cikini Jakarta. Menurut berbagai sumber literasi, Habib Cikini ini lahir di Daerah Semarang Kampung Arab. Habib Cikini merupakan generasi pertama dari garis keturunan keluarga yang lahir di Nusantara atau generasi kedua yang menetap di Nusantara.

Menurut riwayat, ayahnya yang bernama Muhammad bin Husein adalah yang pertama kali datang dari Hadhramaut kemudian menetap di Pontianak. Lalu dikisahkan oleh cicitnya Habib Abdurahman bin Muhdor, ia ikut mendirikan kesultanan Hasyimiyah Pontianak bersama keluarga Al Qadri. Namun cerita ini masih menjadi perdebatan. Lantas darimana nasab Habib Cikini ini?

Baca Juga  Luncurkan Antologi Kedelapan, Dino Umahuk: Penyair Besar Butuh Keteguhan dan Kesabaran

Dalam catatan pada kitab rujukan “Nasab Alawiyyin” susunan Habib Ali bin Ja’far Assegaf dituliskan, dengan jelas bahwa ayah Habib Abdurrahman adalah seorang kelahiran Hadhramut, Yaman tepatnya di Tarbeh.

Nasab beliau yaitu Abdurahman bin Abdullah bin Muhammad bin Husein bin Abdurahman bin Husein bin Abdurahman bin Alhadi bin Ahmad bin Muhammad bin Alwi bin Abubakar (al-Habsyi) bin Ali al-Faqih bin Ahmad alFaqih bin Muhammad Assadilah bin Hasan Atturabi bin Ali bin Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Ali bin Alwi bin Muhammad bin Alwi Alawiyyin bin Ubaidillah bin Ahmad Muhajir bin Isa Arrumi bin Nagieb bin Ali Uraidy bin Jafar ash-Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin Zainal Abidin bin Al-Husein SayyidusySyuhada bin Fathimah Az-Zahra binti Muhammad SAW.

No More Posts Available.

No more pages to load.