Biro Adpim Setdaprov Maluku Utara Studi Banding ke Sumbar

oleh -39 views
Link Banner

Porostimur.com, Padang – Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Maluku Utara melakukan studi banding ke Pemprov Sumatera Barat, karena menilai Biro Adpim Sekdaprov Sumbar merupakan Biro Adpim paling inovatif di Indonesia. 

Rombongan dari Sofifi itu, diterima Kabag Materi Komunikasi Pimpinan (Makopim) Zardi Syahrir di ruang kerja Biro Adpim Sekdaprov Sumbar, Padang, Senin (18/4/2022). 

Zardi mengatakan, tantangan, tuntutan dan kebutuhan terhadap pelayanan pimpinan makin besar, di mana kepentingan publik untuk mengetahui kegiatan pimpinan menjadi hak publik dan bagian tak terpisahkan. 

“Beberapa kegiatan yang dilakukan selama ini membuat surat edaran kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyamakan persepsi dan dukungan pentingnya soal bahan materi pimpinan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan yang terpenting dalam konsep penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai UU No 23 tahun 2014, pelayanan penyebarluasan informasi kegiatan pimpinan daerah. 

Baca Juga  Yusuf Wally Bantu Perbaiki Jembatan di Batu Merah

Selain itu, branding program pimpinan dan menjaga image citra pimpinan bagian tak terpisahkan dari menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pelaksanaan tugas-tugas pokok biro keadministrasian pimpinan, bagian perencanaan dan kepegawaian, bagian makopim dan bagian protokol, sesuai aturan-aturan dan standar-standar baku,” katanya. 

Ia mengatakan, walaupun ada beberapa bagian dapat berinovasi sesuai budaya, adat istiadat masing-masing daerah dalam keragaman budaya nusantara. 

Upaya meningkatkan daya saing daerah dalam kemasan menarik informasi pembangunan daerah tentunya menunjukan Indonesia terus tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju. 

Zardi juga katakan, beberapa inovasi sesuai kondisi kemajuan zaman, Biro Adpim Sumbar, ada kegiatan komunikasi pimpinan Ngobras, analis isu dan informasi sebagai bahan pemyiapa materi pimpinan dan pengelolaan medsos.

Baca Juga  Kakanwil Kemenag Malut: Anggaran Boleh Sama, Inovasi Harus Beda

Kemudian hal baru adalah penyusunan perencanaan setda yang nanti juga ada singkronisasi setdakan/ko se-Sumatera Barat, ada forum koordinasi dalam pelaksanaan tugas di lapangan. 

“Bersama pimpinan terus memberikan pelayanan terbaik kepada pimpinan demi mendorong kemajuan daerah,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Biro Adpim Setdaprov Maluku Utara Rahwa K. Suamba, SS, menyampaikan satu tahun sejak dilantik April 2022, pelaksanaan tugas pokok Biro Adpim di Provinsi Maluku Utara masih banyak kendala dan rintangan dalam menciptakan layanan terbaik bagi pimpinan.

“Kami cek google provinsi-provinsi yang bisa dijadikan referensi kemajuan pelayanan Biro Adpim sesuai aturan Permendagri 56/2019. Sumbar kami pilih sebagai tempat tujuan studi banding, karena terinovasi di Indonesia,” ujarnya senang.

Baca Juga  Harga Bapok di Pasar Mardika Dipantau Bervariasi

(red/poskota)