Blok Masela Mangkrak, Tapi Jokowi Janjikan Keuntungan Buat Maluku

oleh -45 views
Presiden Joko Widodo menjelaskan tentang Pembangunan Blok Masela saat mengunjungi Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Jumat (2/9/2022). (setkab.go.id)

Jokowi juga menjanjikan bagi hasil dari pembangunan Blok Masela, termasuk NTT yang meminta jatah.

“Yang mendapatkan keuntungan besar nanti kalau Blok Masela adalah di Kepulauan Tanimbar, di Saumlaki. Dan itu akan baik untuk perputaran uang di daerah, untuk PDRB di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan juga Provinsi Maluku,” lanjutnya.

Jauh sebelumnya, para aktivis NTT dan juga Pemerintah Provinsi NTT berjuang agar NTT mendapat bagian dari pembangunan Blok Masela ini.

Untuk diketahui, sejak dua tahun lalu, Shell berencana melepas proyek Blok Masela. Keputusan tersebut didorong arus kas perusahaan yang tertekan karena proyek di negara lain.

Saat ini, Shell memiliki hak pengelolaan proyek Blok Masela sebesar 35%. Perusahaan berharap akan memperoleh dana hingga US$ 1 miliar dari penjualan saham tersebut.

Baca Juga  6 Sikap agar Tidak Dipandang Sebelah Mata oleh Orang Lain

Adapun, ladang gas di Maluku itu tengah mangkrak setelah Shell ingin melepas sahamnya. Untuk itu, Inpex Corporation selaku operator Blok Masela tengah mencari mitra baru.

SKK Migas pun menargetkan Inpex harus mendapatkan mitra pada akhir tahun ini. Apalagi, proyek ini ditargetkan onstream atau mulai berproduksi pada 2027.

Sementara, SKK Migas memperkirakan nilai proyek Abadi LNG Blok Masela bengkak US$ 1,3 miliar atau Rp 19,3 trilun (kurs Rp 14.900).

No More Posts Available.

No more pages to load.