BMKG: Gempa M6,1 di SBT, Dipicu Aktivitas Sesar Naik Utara Seram

oleh -23 views

Porostimur.com, Jakarta – Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan gempa dengan Magnitudo 6,1 di Seram Bagian Timur, Maluku pada Senin (6/5/2024) sekira pukul 03.33 WIT dengan koordinat 3,17° LS ; 131,00° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 Km Tenggara Seram Bagian Timur, Maluku pada kedalaman 19 km. Menurutnya, gempa dipicu adanya aktivitas sesar naik Utara Seram.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Naik Utara Seram ( _North Seram Thrust_ ). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( _thrust fault_ ),” kara Daryono dalam keterangannya, Senin (6/5/2024).

Baca Juga  Kaleb J Rilis Single Terbaru Melepaskanmu', Ceritakan Beratnya Melepaskan Sosok Tercinta

Daryono menambahkan berdasarkan estimasi peta guncangan ( _shakemap_ ), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Teluk Waru, Seram Bagian Timur dengan skala intensitas V MMI ( Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), daerah Teluk Tolu, Kian Darat, Seram Bagian Timur dengan skala intensitas IV – V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun).

Daerah Kota Bula dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Kota Fakfak dengan skala intensitas III – IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), daerah Kota Aimas, Kota Teminabuan dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu) dan daerah Kota Sorong dengan skala intensitas II – III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

No More Posts Available.

No more pages to load.