BMKG: Gempa Magnitudo 3,8 Guncang Labuha 6 Januari Hari Ini

oleh -93 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,8 mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan pada Senin (6/2/2020) pukul 11.49:22 WIT.

Menurut data yang kami kutip dari akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa di laut 20 kilometer selatan Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa berlokasi pada titik 0.81 Lintang Selatan dan 127.44 Bujur Timur. Gempa dirasakan MMI II di Labuha.

MMI (Modified Mercalli Intensity) atau Skala Mercalli merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.

Baca Juga  Jamin keamanan Lebaran dan Pilgub, Polda Maluku tetap siaga

Dikutip dari situs web BMKG, Skala Mercalli terbagi menjadi 12 pecahan berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa tersebut dan juga dengan melihat serta membandingkan tingkat kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Oleh karena itu, skala Mercalli sangat subjektif dan kurang tepat dibanding dengan perhitungan magnitudo gempa yang lain.

Saat ini penggunaan Skala Richter lebih luas digunakan untuk untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Akan tetapi, skala Mercalli yang dimodifikasi, pada tahun 1931 oleh ahli seismologi Harry Wood dan Frank Neumann masih sering digunakan terutama apabila tidak terdapat peralatan seismometer yang dapat mengukur kekuatan gempa bumi di tempat kejadian.

MMI I berarti getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang. (red/adhy)

Baca Juga  Yonif RK 732/Banau Bagikan Sembako untuk Warga Peot dan Ngawon