BMKG Imbau Warga Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Maluku Utara

oleh -16 views

Porostimur.com, Ternate – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Baabullah Ternate mengimbau pelaku pelayaran mewaspadai gelombang tinggi di perairan Maluku Utara akibat angin kencang.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Baabullah Ternate Dhea Widyasista di Ternate, Senin (18/3/2024) mengatakan gelombang tinggi di perairan setempat mencapai dua meter akibat peningkatan angin kencang mencapai 20 knot. “Selain itu, tinggi gelombang maksimum dapat mencapai dua kali gelombang dua meter, akibat adanya angin kencang,” ujarnya.

Secara umum, kondisi Malut cerah berawan, terutama pada siang hingga sore hari diprediksi berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di Morotai, Tobelo, Loloda, Jailolo, Bacan, Obi, Taliabu, dan sekitarnya. Angin bertiup dari barat laut hingga timur laut mencapai 40 km/jam Siaga.

Baca Juga  Terjebak Kebakaran, Nenek Pemilik Rumah di Kebun Cengkeh Ambon Meninggal Dunia

PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara meningkatkan kesiapsiagaan selama Ramadhan 1445 Hijriah untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem. General Manager PLN UIW MMU Awat Tuhuloula mengatakan kesiapsiagaan itu untuk memastikan masyarakat menjalani ibadah selama Ramadhan dengan lancar. 

Link Banner

Pihaknya menyiagakan 1.250 personel untuk pengamanan sistem ketenagalistrikan selama Ramadhan di daerah itu, seperti dalam peristiwa pohon tumpang di perempatan Kantor BCA-Kantor Gubernur Maluku di Jalan Sultan Hairun Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Sabtu (16/3). Dalam peristiwa itu, personel secara cepat memulihkan layanan kelistrikan. “Begitu ada bencana alam yang mengganggu sistem kelistrikan PLN, personel langsung turun, gerak cepat melakukan pemulihan,” katanya.

No More Posts Available.

No more pages to load.