BMKG Pasang Tiga Unit Alat Deteksi Tsunami Berteknologi Tinggi di Kota Ambon

oleh -97 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: BMKG menyerahkan bantuan alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami atau warning receiver system (WRS) generasi terbaru kepada Pemerintah Kota Ambon, Sabtu (20/6/2020).

Alat pendeteksi tsunami generasi terbaru bernama WRS NewGen itu dipasang tiga unit di Kota Ambon, dimana satu unitnya dipasang di Kantor Walikota Ambon.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi menuturkan, WRS NewGen generasi terbaru itu menggunakan teknologi terbaru yang berbeda dengan WRS sebelumnya.

Sunardi bilang bahwa, WRS NewGen merupakan terobosan baru BMKG dalam penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami, karena alat ini akan memberikan informasi gempa secara lebih cepat karena bersifat real time.

Link Banner

Sunardi menuturkan, dengan potensi gempa dan tsunami yang tinggi di Maluku dan Ambon khususnya, maka BMKG memasang alat WRS NewGen tersebut guna mengantisipasi dampak bencana yang dapat ditimbulkan.

Baca Juga  Ternyata Minum Kopi Membuat Wanita Sehat, Ini Alasannya

Dia berharap, terpasangnya tiga unit WRS NewGen di Kota Ambon dapat meningkatkan kinerja penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami dengan cepat kepada masyarakat.

“Harapan kami dengan adanya percepatan penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami ini, maka akan dapat mempercepat respons dalam penanganan bencana, sehingga dapat memberikan manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat dari bencana,” ujar dia. 

Sementara itu, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler menegaskan, Pemkot membutuhkan alat ini dan ditempatkan di Balaikota. Karena sangat penting untuk mendapat informasi cepat soal gempabumi dan peringatan dini tsunami. Pasalnya di Maluku dan Kota Ambon belakangan sering terjadi gempabumi yang cukup banyak.

Baca Juga  Hasby Yusuf: Pemkot Ternate Jangan Lebay & Sok Kuasa

“Terpenting orang yang mengoperasinya benar-benar paham agar alat ini tidak mudah rusak. Bukan soal harga tapi manfaatnya. Terima kasih kepada BMKG. Perangkat WRS ini sangat bermanfaat untuk Pemkot dan kita akan informasi. Agar tidak lagi ada masyarakat panik dan tidak tahu,” tutupnya. (red)