BMKG Prediksi akan Terjadi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Maluku dan Papua Tiga Hari Kedepan

oleh -114 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksi dalam tiga hari sejak 10 Januari hingga 12 Januari 2020 akan terjadi potensi hujan lebat disertai angin kencang di Maluku dan Papua serta di beberapa wilayah Indonesia

Deputi bidang Meteorlogi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo menyebutkan, hujan lebat ini terjadi karena terdapat daerah tekanan rendah yang merupakan bibit siklon tropis 92S di Australia bagian Utara dengan potensi menjadi siklon tropis dalam 12 jam ke depan sedang.

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan Barat Aceh 925/850mb. di Kalimantan bagian Utara 925/850mb, di Samudera Hindia Selatan Banten 925/900mb.

“Konvergensi memanjang dari Sumatera Utara hingga Bengkulu, dari Laut Jawa bagian Timur hingga NTT, di Kalimantan Selatan, dan di Papua. Belokan angin terdapat di Selat Karimata, Sulawesi, dan Laut Maluku,” jelas Prabowo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/1/2020).

Untuk itu, Prabowo mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Baca Juga  Rayakan HAB dan Hari Ibu, DWP Kanwil Kemenag Malut Gelar Lomba MC

Berdasarkan perkiraan BMKG, wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat 10 Januari 2020 Sumatera Barat Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat.

Kondisi ini masih berlangsung pada 11 Januari 2020 di Sumatera Barat Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat.

Sedangkan pada 12 Januari 2020 wilayah Sumatera Barat Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat.

Sementara hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada hari ini 10 Januari 2020, di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Bengkulu, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua.

Baca Juga  DPRD Kota Ambon Berkunjung ke Graha BNPB Jakarta

“Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Kep. Riau, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua pada 11 Januari 2020,”ujarnya. (red/rtm)