BPD Desa Linggua Gugat Kebijakan Sepihak Kades

oleh -74 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Linggua Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menilai ada kejanggalan dalam implementasi penyelenggaraan pemerintahan dan sistim pengelolaan dana desa di tengah pandemi Covid-19.

Ketua BPD Marsius Sungi menyampaikan bahwa hal ini dapat dibuktikan pada kebijakan Kepala Desa (Kades) Desa Linggua, Jony Bubane yang membuat dokumen perubahan RKPDes dan APBDes 2020 tidak memakai prosedur yang diatur dalam edaran Kemendes RI Nomor 8 Tahun 2020.

“Diketahui kades telah membuat berkas dokumen RKPDes ke APBDes secara sepihak. Kades tidak memakai prosedur yang  diatur dalam  edaran Kemendes Mo 8 tahun 2020,” ujarnya.

Marsius bilang, adapun tentang desa tanggap covid dan padat karya tunai, sampai saat ini BPD Desa Linggua tidak tahu dari berkasnya yang dibuat. Karena diketahui sampai saat ini pembahasan RKPDes dan APBDes dalam pergeseran/pemangkasan anggaran DD difokuskan pada 3 item dalam surat edaran Kemendes No 8 Tahun 2020 itu.

Link Banner

“Mirisnya, tiba-tiba berkas dokumen APBDes itu suda final ditangan kepala desa, kebijakan kades itu justru menuai kebingungan kami BPD dan warga masyarakat Desa Linggua,” ungkapnya.

Baca Juga  Agustus 2019, Inflasi Bulanan Maluku Turun

Terkait kebijakan kades secara sepihak, Marsius menyampaikan bahwa lembaga BPD Desa Linggua telah menerbitkan surat tentang belum pernah ada pembahasan RKPDes perubahan dari pemerintah desa.

“Kami berharap Dinas DPMD Kabupaten Halbar maupun Inspektorat Halbar agar menyoroti hal yang dimana tidak sesui prosedur pemerintah pusat,” harapnya. (ash)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *