BPS Maluku Gelar Workshop Peningkatan Pemahaman Data PMTB

oleh -48 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku (BPS) menggelar Workshop Peningkatan Pemahaman Data PMTB dan Statistik lainnya di Amaris Hotel Ballroom, Jumat (22/11/2019).

Sekretaris Utama BPS RI Dr Adi Lukmasono, M.A menjelaskan Satu Data Indonesia (SDI) merupakan tindaklanjut dari Perpres 39 tahun 2019 mengenai satu data Indonesia. Dengan satu data, maka data tersebut dapat digunakan oleh Kementerian atau Lembaga yang juga membutuhkan data tersebut. Presiden ingin kedepannya ada satu data, kalau data kemiskinan ada satu data, kemudian data lainnya ada data yang dirujuk.

“Sekarang posisi data varianya terlalu banyak, tergantung Kementeriannya jadi pemerintah ingin mengatur agar data-data tadi bisa dibagi pakai,” jelas Lukmasono saat membuka workshop dan membawakan materi PMTB.

Baca Juga  Siang ini Gubernur Lantik Tiga Pejabat Bupati di Maluku

Dijelaskan tujuan SDI ini memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan daerah dalam rangka menyelenggarakan tata kelola data. Selain itu mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir terpadu dapat dipertanggung jawabkan dan dapat diakses.

Selanjutnya, Workshop dilanjutkan dengan Sesi Materi oleh para Narasumber, Kepala BPS Provinsi Drs Duwangar Hutauruk M.Si membawakan materi berjudul Sensus penduduk 2020 yang merupakan sensus penduduk ke 7. Selain itu Kepala bidang statistik distribusi Jessica Pupela membawakan materi dengan judul Indikator Ekonomi, PMTB dan Indikator lainnya, yang kemudian dilanjutkan dengan materi Indikator sosial Provinsi Maluku yang dibawakan Yusuf Datar Mangaraksa SST.M. Star kepala bidang statistik Sosial BPS Maluku.

Baca Juga  Karena Ini, Rhoma Irama Ajak Via Vallen Duet Lagu Cuma Kamu

Kemudian setelah para narasumber selesai memberikan materi dan sesi diskusi, Pelaksanaan Workshop ditutup oleh Kepala BPS Provinsi Maluku Dumangar Hutauruk. (ebot)