Brimob Polda Malut Berhasil Musnahkan Senpi dan Granat di Falabisahaya

oleh -184 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Detasemen Gegana, Satuan Brimob Polda Maluku Utara, berhasil musnahkan senjata api (Senpi) rakitan, 109 amunisi dan 2 granat nenas yang ditemukan warga di Falabisahaya.

Pemusnahan berlamgsung di Mapolsek Mangoli Utara, Falabisahaya Kabupaten Kepulauan Sula, Selasa (24/11/2020).

Ketua Tim Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Malut, Iptu Munawar, mengatakan bahwa senpi rakitan serta 109 amunisi dan dua granat nenas yang ditemukan warga merupakan barang simpanan pasca kerusuhan saat itu.

“Untuk senpi rakitan, 109 amunisi, pistol revolfer rakitan dan 2 granat nenas yang kita ledakan tadi, semuanya mash aktif, hasil disposal sudah terurai dan hancur semua, hanya sejumlah serpihan yang kami ambil untuk dijadikan barang bukti,” katanya.

Munawar bilang, barang peledak berupa senjata api yang asli ataupun rakitan sangat berbahaya, apalagi seperti geranat nenas seperti yang diledakan tadi. Olehnya, apabila warga yang temukan barang tersebut langsung dilaporkan ke pihak kepolisian.

Baca Juga  Kasman Kecam Pelaku Pelecehan Terhadap Gubernur Malut

“Jadi, saya mengimbaukan kepada seluruh masyarakat Kepulauan Sula, khususnya masyarakat Desa Falabisahaya, Kecamatan Mangoli Utara, apabila menemukan hal serupa jangan serta-merta untuk mengambil, tapi tolong dilaporkan kepada pihak kepolisian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” harapnya.

Sementara itu, Kapolsek Mangoli Barat- Mangoli Utara, Ipda AR, Umaternate mengatakan, bahwa satu senjata laras panjang dan yang 1 lagi adalah sebuah pistol jenis revolfer dan dengan 2 granat nanas serta amunisi 12,7 sebanyak 22 butir, amunisi AK 47 juga 22 butir, amunisi 5,56 TJ 15 butir dan amunisi hampa 5,54 sebanyak 50 butir, ditemukan warga setempat.

“Dari struktur senpi adalah rakitan, 1 senjata laras panjang dan 1 pistol jenis revolfer serta 2 granat nenas dan amunisi sebanyak 109 butir,” jelasnya di Mapolsek.

Baca Juga  Ini Daftar Daerah yang Berpotensi Terkena Tsunami Imbas Gempa Banten

Mantan KBO Reskrim Polres Kepulauan Sula, itu mengatakan barang tersebut di temukan warga bernanama Jamaludin Hi. Adam, kemudian Adam melaporkan ke pemilik rumah atas nama Safidin Gorontalo.

“Awalnya mereka kerja galian pondasi cakar ayam di rumah Saifdin dengan kedalaman 1 meter baru barang tersebut ditemukan. Setelah ditemukan mereka langsung melaporkan ke kami, kemudian kami amankan barang barang tersebut di di Polsek Falabisahaya,” ujarnya. (ifo)