Bukan Juni, Penelitian Terbaru Sebut Corona Baru Hilang Dari Indonesia Pada Bulan Ini

oleh -753 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Penelitian terbaru dari Data Driven Innovation Laboratorium Singapore University of Technology and Design memprediksi, penyebaran virus corona covid-19 di Indonesia akan berakhir pada 6 Juni 2020.

Pada tanggal tersebut, berdasarkan penelitian ini, tingkat keamanan situasi Indonesia dari virus corona mencapai 97 persen. Selanjutnya, Indonesia baru akan mengalami penghentian penyebaran virus sebesar 99 persen pada 23 Juni 2020.

Masih berdasarkan penelitian yang sama, Indonesia baru mencapai 100 persen situasi aman atau tak lagi ada penyebaran virus corona dua bulan kemudian, yakni 7 September 2020.

Dalam keterangannya, para peneliti dalam prediksi ini menyebutkan sifat pandemi yang terus berkembang, khususnya perubahan kebijakan pemerintah dan perilaku individu, kurva, infleksi, dan tanggal akhir akan memengaruhi perubahan hasil.

Link Banner

Mereka menuliskan, penelitian ini masih harus terus diestimasi ulang dengan data terbaru dari saluran resmi setiap hari untuk tujuan pemantauan prediktif.

Baca Juga  Ini Dua Kelompok yang Tak Lelah Serang Anies Baswedan

Sementara itu pada Maret lalu, peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB) memperkirakan kasus pandemi virus corona di Indonesia akan berakhir pada April 2020. Itu berdasarkan simulasi dan pemodelan sederhana prediksi penyebaran virus corona.

Selain itu, penelitian dari Guru Besar Statistika Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dedi Rosadi dalam rilis terbaru pada Sabtu (25/4/2020) menyebutkan, prediksi akhir pandemi corona di Indonesia mundur menjadi akhir Juli 2020.
Prediksi tersebut disertai perkiraan proyeksi total penderita positif Covid-19, yang berada di angka 31 ribuan kasus.

Berdasarkan penelitian Data Driven Innovation Laboratorium Singapore University of Technology and Design, tujuh negara-negara di kawasan Asean juga tak lama lagi bakal memasuki situasi baru, yakni berhentinya penyebaran virus corona covid-19. (red/rtm/ljc/ayobandung)