Bupati Bursel Harap Pemprov Maluku Review Indikator Kemiskinan

oleh -54 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulissa mengemukakan bahwa permasalahan utama di Provinsi Maluku adalah menyelesaikan masalah kemiskinan.

Untuk itu, Ia berharap pemerintah Provinsi Maluku secepatnya mereview indikator kemiskinan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial, Kementerian Agama dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk mereview kembali dengan menetapkan indikator tersendiri yang dibuat berdasarkan spesifikasi wilayah, supaya jangan terus Maluku ditetapkan sebagai daerah miskin.

“Image daerah miskin itu negatif. Padahal katong orang Maluku ini, semua tiap hari makan mungkin uang lebihnya yang kurang. Uang lebih untuk membangun kehidupan sosial rumah tangga”, ujar Soulissa kepada wartawan di Ambon, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga  Sambangi Sejumlah Lokasi, Patroli Brimob Maluku Edukasikan Penerapan Protokol Kesehatan

Menurutnya, pemerintah harus fokus untuk menuntaskan kemiskinan di Maluku. Contohnya angka kemiskinan yang paling besar di Maluku yaitu di daerah Maluku Tenggara Barat, pemerintah harus melihat sektor apa saja yang perlu di intervensi dengan jumlah anggaran berapa banyak sehingga pemerintah fokus ke daerah tersebut. Sedangkan untuk kabupaten yang lain cukup memberikan anggaran stimulan saja, karena memang fokusnya untuk menyelesaikan masalah kemiskinan.

“Kita juga harus membangun wilayah-wilayah yang mampu memberikan daya ungkit ekonomi seperti perikanan dan pariwisata, karena eksploitasi sumber daya itu terbatas bisa habis tapi pariwisata itu tidak, sehingga kemudian pemerintah juga harus membuat sebuah ranperda khusus untuk menetapkan destinasi wisatanya. Itu beberapa ide yang sudah disampaikan mudah-mudahan bisa diimplementasikan lebih lanjut oleh pemerintah provinsi”, tutupnya. (alena)

No More Posts Available.

No more pages to load.