Bupati Malra: LHE Menpan RB, Malra Harus Raih Predikat B

oleh -21 views
Link Banner

Porostimur.com – Langgur: Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara kembali mendapat (AKIP) penilaian Menpan RB pada laporan hasil evaluasi (LHE) dengan predikat B.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun, di hadiri seluruh OPD lingkung Pemda Malra, 16/09/21.

Pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2020, Pemda Malra memperoleh indeks sebesar 47,65 dengan katagori C, dengan nilai 0 pada tahun sebelumnya.

Sementara nilai AKIP mengalami peningkatan dari nilai indeks 47,65 naik menjadi 60,74 dengan akreditasi B,” ungkapnya.

Hanubun menegaskan, dengan predikat ini Malra mengalami peningkatan 2,06 dari nilai 58,68 dengan predikat CC, pada Tahun sebelumnya.

Meskipun terjadi peningkatan, Hanubun menilai Kabupaten Malra masih terlampau jauh dari target peningkatan pelaksanaan RB dan AKIP tahun 2021.

Baca Juga  Hadiri Rapat Kerja Dengan DPRD Maluku, Sekprov Bilang Vaksinasi Mulai 15 Januari

Meskipun Malra telah mencapai target nilai AKIP yang di harapkan, namun masih saja terjadi kekurangan yang masih perlu untuk di perbaiki, tegasnya.

Berdasarkan progres penginputan website PMPRB dan se-AKIP pada 09 September dari 42 perangkat sebanyak 34 perangkat yang belum menginput PMPRB.

Sementara 8 perangkat daerah yang belum menginput e-SAKIP Reviu serta 14 perangkat daerah lainya yang belum melengkapi dokumen SAKIPnya.

“Semua ini karena rekomendasi Kementerian PANRB dalam laporan evaluasi RB dan AKIP hingga kini belum di tindak lanjuti oleh perangkat daerah,” beber Hanubun.

“Dengan melihat kondisi reformasi birokrasi serta akuntabilitas kinerja Pemda Malra, saya mengingatkan pentingnya peningkatan indeks RB dan Nilai AKIP Pemda Malra tahun 2021 tergantung tindak lanjut penginputan pada masing masing perangkat daerah,” tegasnya.

Baca Juga  Hanubun Serahkan Bantuan Speedboat untuk Nelayan Tangkap

Hanubun menegaskan agar setiap pimpinan perangkat daerah dan seluruh jajarannya agar segera mempelajari dan mengkaji serta menindak lanjuti LHE RB, serta mengisi secara manual dan menyampaikan ke Inspektorat paling lambat 24 September 2021

Untuk itu saya berharap, kiranya penilaian tahun 2021 ini tetap pada predikat B, untuk indeks RB, dan predikat BB untuk nilai AKIP, olehnya itu perlu kinerja secara struktur dan sistimatis dalam pencapaian visi pemerintahan yakni terwujudnya masyarakat Malra yang mandiri, cerdas, demokratis dan berkeadilan,” tutup Hanubun. (saad)

No More Posts Available.

No more pages to load.