Bupati Malra Pimpin Lomba Tamet Ki’yang di Pantai Bal Sorbay Ohoidertwun

oleh -72 views

Porostimur.com, Langgur – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun memimpin lomba Tamet Ki’yang yang berlangsung di lokasi wisata Pantai Bal Sorbay, Desa Ohoidertavun, Kecamatan Kei Kecil, Selasa (17/10/2023).

Ki’yang merupakan sejenis cacing laut yang hidup di endapan pasir bercampur lumpur di bibir pantai.

Tradisi penangkapan Ki’yang sendiri dilakukan dengan cara menggali endapan pasir dan menusuk beberapa batang lidi yang terikat ke dalam lubang (tempat hidup Ki’yang), kemudian menariknya keluar secara perlahan-lahan.

Metode penangkapan secara tradisional ini dimaksudkan agar seluruh tubuh dari Ki’yang dapat dikeluarkan dari dalam lumpur.

Bupati Maluku Tenggara M.Thaher Hanubun mengaku, tradisi tamet Ki’yang merupakan warisan dan budaya masyarakat suku Kei sejak dulu yang diwariskan turun-temurun.

Baca Juga  Serahkan 72 Hewan Kurban, Menteri AHY Maknai Iduladha: Semangat Berbagi kepada Sesama

Lantaran itu, kendati Maluku Tenggara terkenal dengan 72 destinasi wisata yang populer dan mendunia, pemerintah daerah akan terus mengembangkan berbagai potensi dan sumber daya alam yang ada untuk memajukan sektor pariwisata.

“Tradisi ini sengaja dibuat karena Maluku Tenggara ini terkenal dengan pariwisatanya. Namun, ada beberapa desa yang belum dikenal di luar daerah. Yang paling trend saat ini Wisata Ngurbloat (Pasir Panjang) dengan pasir terhalus nomor satu di dunia yang mencapai rekor Muri sehingga membuka peluang bagi desa-desa lain untuk terus berinovasi mengembangkan potensi dan wisatanya,” jelas Bupati Thaher

No More Posts Available.

No more pages to load.