Bupati Morotai Launching Kapal Rede KM Gandha Nusantara 06 Rute Daruba-Wayabula – Posi-Posi

oleh -31 views
Link Banner

Bupati Morotai, Benny Laos melepas pelayaran perdana KM Gandha Nusantara 06 yang melayari rute tetap dari Daruba-Wayabula – Posi-Posi pergi-pulang setiap hari Sabtu.

Melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Porostimur.com, Sabtu (6/2/2021) Benny Laos mengatakan, bantuan kapal rede dengan full subsidi pemerintah ini, merupakan komitmen Kementerian Perhubungan dan PT Pelni dalam rangka merajut Indonesia. “Tentu ini merupakan implementasi visi Pak Presiden Jokowi terkait kebijakan kemaritiman,” katanya.

Benny menjelaskan, mengapa jenis kapal rede buka roro mapun kapal cepat yang dipilih, karena pelayanan dengan kapal rede memang ditujukan untuk wilayah yang belum memiliki pelabuhan atau perairan dangkal.

“Kita telah mengusulkan pembangunan pelabuhan yang representatif di Pulau Rao untuk disesuaikan dengan standar dan kebutuhan masyarakat. Kita juga telah mengusulkan penambahan rute ke 3 Cio- Libano-Cempaka dan Hapo. Sambil menunggu penyelesaian jalan dan jembatan Ake Cio dengan bentangan 105 meter rampung. Tahun ini juga akan dimulai pembangunan/ pengembangan pelabuhan MS. Lastori untuk bias sesuai standar pelabuhan niaga/ pelabuhan peti kemas,” beber Benny Laos.

“Bagi kami, membangun seluruh fasilitas tidak terlalu sulit, karena Negara ada, pemerintah ada—negara hadir. Yang menjadi masalah, apakah kita siap menjaga, mengelola, menikmati dan memanfaatkan dengan benar?. Ini yang menjadi tantangan di hampir semua wilayah di Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga  GL Dianiaya Hingga Meninggal Dunia Saat Tidur, ini Penjelasan Ibu Almarhum

Benny menambahkan, persoalan infrastuktur penting diselesaikan. Namun yang tak kalah penting adalah persoalan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pembangunan keduanya harus sejalan. Saya mengharapkan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kapasitas diri, kapasitas manajemen dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar kehadiran Kapal rede dan fasilitas penudukung lainnya dapat bertahan lebih lama agar membawa manfaat ekonomi sosial secara berkelanjutan,” pungkasnya. (red)