Bupati Morotai Serahkan Armada Tangkap DAK dan KUR kepada Nelayan

oleh -21 views
Link Banner

Porostimur.com | Daruba: Bupati Morotai, Benny Laos menyerahkan 47 armada tangkap untuk nelayan di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Morotai pada Rabu (3/2/2021) kemarin

Melaui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Porostimur.com, Kamis (4/2/2021), Benny Laos mengatakan, pendanaan armada fiberglass ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 21 unit dan bantuan modal kredit usaha rakyat (KUR) 26 unit.

Masing-masing berbobot 1,5-3 GT dan 1,5-4 GT.

Benny bilang, Program KUR untuk penyediaan armada tangkap terlaksana atas kerja sama Pemda Morotai dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Morotai. Program ini sengaja didesain untuk kemandirian nelayan. Nelayan didirong untuk memiliki armada sendiri atau meremajakan armada yang sudah kurang layak berlayar.

“Pemda Morotai terus berkomitmen menggarap potensi perikanan. Mengingat kontribusi subsektor perikanan tangkap terhadap peningkatan produksi perikanan dalam menunjang program pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT),” ujarnya.

Baca Juga  Dicampakkan Istri Sendiri Demi Lelaki Kaya Raya, Su Bandi Berlinang Air Mata Bersama 3 Putrinya yang Masih Kecil

Benny menjelaskan, kedepan, Pemda akan terus mendorong penyediaan sarana prasarana sperti cold storage, stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN), hingga rumpon.

“Untuk meminimalisir kecelakaan di laut, Pemda juga membantu penyediaan alat navigasi, jaket pelampung, dan asuransi,” tukasnya.

Benny Laos menambahkan, Pemda Morotai menargetkan pengadaan 1000 armada lewat KUR, yang akan dilaksanakan bersama Bank Mitra Pemda Morotai.

Pemda Morotai juga masih akan terus meningkatkan kuantitas maupun kualitas SDM Nelayan, Armada serta sarana/prasarana untuk kemajuan untuk kemajuan perikanan Morotai. (red)