Bupati Morotai Serahkan 17 Bus untuk Sekolah Unggulan

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com | Daruba: Mendengar kata sekolah unggulan mungkin ada di antara kita yang masih berpikir akan ekslusifitas pendidikan yang hanya dapat diakses oleh kelas masyarakat tertentu. Namun tidak demikian halnya di Morotai.

Di kabupaten yang berada di bibir Samudera Pasifik ini, pemerintah daerah merancang sekolah unggulan inklusif yang gratis untuk semua lapisan masyarakat. Pemda juga menyediakan bus untuk antar jemput siswa.

Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Porostimur.com, Kamis (4/2/2021) mengatakan, dalam mengimplementasikan program sekolah unggulan, pemerintah setempat melakukan pembangunan sarana/prasarana yang lengkap, di mana penyediaan infrastruktur diarahkan tidak hanya sebagai bangunan untuk menaungi proses belajar mengajar namun untuk mendukung pengembangan minat dan bakat serta pembangunan karakter.

Baca Juga  Enam Belas Muka Baru Hiasi Gedung Dewan SBB

“Untuk menyediakan infrastruktur pendidikan secara holistik dilakukan pemusatan pembangunan. Sekolah-sekolah yang berdekatan di antara radius 1-2 KM digabungkan. Bus sekolah disiapkan untuk antar-jemput siswa,” tukasnya.

Benny Laos menjelaskan, Pemda Morotai telah menyediakan 17 unit Bus untuk 9 Sekolah Unggulan. Dalam pemanfaatnya dikelola oleh sekolah masing-masing.

Benny menambahkan, bus hanya dapat beroperasi sekitar wilayah cakupan sekolah. Kecuali untuk kegiatan study tour, outbound, dan kegiatan lain yang secara tehnis tidak menggangu operasional sekolah, setelah mendapat persetujuan kepala dinas pendidikan.

“Harapan saya dengan adanya bus sekolah yang dimanfaatkan sesuai dengan peruntukan dan dirawat dengan baik, mudah-mudahan bus-bus ini membawa manfaat yang lebih lama,” ungkapnya. (red)