Bupati Seram Bagian Barat Resmikan PTSP Kankemenag

oleh -66 views
Link Banner

Porostimur.com | Piru: Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab.SBB), Drs Moh Yasin Payapo, M.Pd membuka secara resmi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PSTSP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kab.SBB yang berlangsung di pelataran kantor Kemenag SBB, Kamis, (5/3/2020).

Dalam sambutan, Bupati menjelaskan PTSP adalah pelayanan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap permohonan sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan melalui satu pintu.

“Sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 97 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,” jelas Bupati.

Adapun tujuan PTSP, lanjut Bupati, untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat, memperpendek proses pelayanan, mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau serta memberikan pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat.

“selain itu, PTSP juga harus dilaksanakan dengan prinsip keterpaduan, ekonomis, koordinasi, pendelegasian atau pelimpahan wewenang, akuntabilitas, dan aksesibilitas,” urai Bupati.

Baca Juga  Senpi peninggalan kolonial ditemukan di Aertembega

Pelayanan secara terpadu yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama dengan sasaran utama masyarakat di dalam wilayah Kab.SBB tentu saja akan berdampak pada peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan publik.

Disamping itu, seluruh standar pelayanan dan operasional prosedur yang telah ditetapkan harus dapat dipahami oleh seluruh SDM di Kankemenag SBB secara khusus dan promosi yang lebih luas kepada masyarakat secara umum.

Diakhir sambutan, Bupati sangat mengapresiasi upaya Kankemenag SBB untuk meningkatkan pelayanan publik lewat PTSP, dengan harapan agar layanan kepada masyarakat SBB menjadi lebih baik, cepat dan lebih mudah.

“Konsep ini adalah bagian dari keseriusan pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik secara maksimal demi terwujudnya Indonesia Maju dan berdikari,” tandas Bupati.

Baca Juga  Sasaran Fisik dan Nonfisik TMMD ke 107 Kodam XVI/Pattimura Rampung 100%

Sementara itu, Taslim Tuasikal, S.Ag selaku Kepala Kankemenag Kab.SBB dalam sambutan mengatakan, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bupati SBB atas kehadiran sekaligus membuka peresmian PTSP Kankemenag SBB.

Dikatakan, kedepan PTSP bukan hanya berada di Kantor Kankemenag SBB melainkan akan dilakukan pelayanan satu pintu pada seluruh unit kerja Kantor Kemenag SBB.

“KUA dan Madrasah akan dibuka lagi pelayanan kepada masyarakat. baik itu layanan konsultasi dan pernikahan maupun layanan pendidikan pada madrasah.

“dalam pelayanan kami selalu mendahulukan kenyamanan, kemudahan dan kepastian kepada masyarakat. Pelayanan yang didapatkan dijamin mendapatkan kepuasan dari kami,” lanjut Taslim.

Turut hadir dalam peresmian PTSP sejumlah pimpinan OPD Pemerintah Kab.SBB, Forkopimda Kab.SBB, para pejabat Eselon IV Kankemenag SBB, Kepala KUA dan Madrasah serta para guru dan ASN Kankemenag SBB. (keket/he/inmas)