Butar-Butar : Polres SBB siap Tindak Tegas Penambangan Cinnabar

oleh -156 views
Link Banner

@Porostimur.com | Piru : Kepolisian Resort (Polres) Seram Bagian Barat (SBB) siap menindak tegas oknum-oknum masyarakat yang masih berproses menambang secara sembunyi-sembunyi atau ilegal di areal bekas tambang batu cinnabar, di Desa Iha dan Desa Luhu.

Hal ini ditegaskan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) SBB, AKBP Bayu Tarida Butar-Butar,SIK, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di ruang kerjanya, Kamis (12/12).

”Kami dari jajaran Kepolisian Resort Seram Bagian Barat telah membentuk tim untuk memantau bekas tambang cinabar di Desa Iha dan Desa Luhu. Olehnya itu, jika masih ada oknum-oknum masyarakat yang secara sengaja maupun tidak masih berproses di sana, maka kami akan giring ke rana hukum sesuai undang-undang pertambangan illegal,” ujarnya.

Baca Juga  Usung misi kerja, Tentua pimpin DPMF-FPIK Unpatti

Saat tim dimaksud dibentuk, akunya, target operasi ini bukan hanya sebatas pada penambang semata namun juga kepada para anggota kepolisian yang disinyalir membackup para penambang hingga proses pembuatan mercury ilegal.

”Saya juga menghimbau kepada jajaran Polres SBB yang bertugas di daerah Huamual agar tidak terlibat untuk memback-up atau terjun lansung dalam pembuatan mercury. Jika ada oknum-oknum polisi yang terlibat, maka saya akan tindak tegas sesuai anjuran kepolisian,” tegasnya.

Kegiatan penambangan dimaksud, terangnya, baik dalam konteks sebagai penambang, penadah/pembeli/penimbang hingga pembuatan mercury ilegal, harus diluruskan sesuai dengan hukkm ytang berlaku.

”Tiada bosan-bosannya saya terus menghimbau kepada masyarakat, agar sadar dan jangan lagi melakukan penambangan, baik itu dia penambang, pembeli maupun pembuatan mercury secara ilegal. Jika hal ini masih terus dilakukan, maka kami akan menempuh jalur hukum untuk mengatasinya. Karena sejauh ini telah banyak pelaku-pelaku dari penambang, penimbang dan pembuatan mercury ilegal telah kami amankan dan menjalani hukuman,” pungkasnya. (doddy)