Cagar Budaya Kedato Ici Memprihatinkan, Jainul Yusup Minta Perhatian Pemkot dan Pemprov

oleh -52 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Cagar Budaya Kedato Ici Buku bendera, tepatnya di Kelurahan Facei Kota Ternate utara, saat ini kondisinya sangat memperihatinkan.

Bagaimana tidak, gedung utama Kedato tersebut kini mengalami beberapa kerusakan berat, seperti tiang bangunan, tangga, dinding, plafon dan atap bangunan.

Ketua Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Unkhair Ternate, Jainul Yusup menyampaikan Kedato Ici merupakan tempat beristrahatnya sultan ke 47 Iskandar Muhammad Jabir Sjah beserta keluarganya, saat membawa mahkota Sultan dan mengasingkan diri dari kejaran tentara pendudukan Jepang di Ternate.

“Usia Kedato tersebut kurang lebih sudah mencapai 50 tahun dan kini dalam keadaan rusak parah,” ujarnya.

Menurut Jainul, saat ini ada upaya dan kerja ikhlas dari keluarga Sultan dan masyarakat adat, atau dikenal dengan bala kusu sekano kano untuk memperbaikinya namun belum terlaksana karena berbagai keterbatasan.

Baca Juga  Hari ini 13 Kali Gempa Goyang Ambon dan Sekitarnya

“Mereka sudah mengumpulkan uang seikhlasnya untuk memperbaiki Kedato tersebut hanya saja belum mencukupi,” ujarnya, Kamis (24/12/2020).

Selain bangunan kata Jainul, juga terdapat beberapa pendopo yang mengalami kerusakan, bangunan makam dan juga jalanan aspal di seputaran Kedato.

“Oleh karena itu, butuh perhatian, keberpihakan dan uluran tangan dari Pemerintah Kota Ternate, DPRD Kota Ternate maupun Pemerintah Provinsi Maluku Utara”

“Harapan Kami dengan adanya perhatian dan uluran tangan dari Pemkot maupun Pemprov tempat bersejarah atau cagar budaya di Maluku Utara dapat terjaga dengan baik salah satunya Kedato Ici,” pinta Jainul. (adhy)