Cara Unik PPSWPA-SALAM Tual Peringati Sumpah Pemuda

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com | Tual: Berbagai cara dilakukan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Sejumlah kegiatan dilakukan, untuk memaknai hari bersatunya para pemuda se nusantara yang mengikrarkan janji kesatuan bangsa Indonesia.

Seperti yang dilakukan Perhimpuan Pemuda Sadar Wisata Pecinta Alam Solidaritas Anak-Anak Alam (PPSWPA-SALAM) Tual. Selain menggelar selain menggelar upacara, aksi bersih-bersih di lokasi wisata dan penggalangan buku yang disumbagkan ke sekolah, para pecinta alam ini juga melarung 100 perahu “gaba-gaba” untuk Presiden Jokowi.

anak-anak melarung perahu harapan kepada Jokowi

“Jadi jelang Sumpah Pemuda, kami terlebih dulu melakukan aksi galang dana buku untuk sekolah, kemudian aksi bersih-bersih lokasi wisata. Dan bertepatan dengan hari H Sumpah pemuda, kami lakukan upacara dan melarung 100 perahu harapan bersama warga dan anak-anak di Dusun Ui Jaya Kecamatan Kei Besar Utara Timur,” kata Ketua Pembina PPSWPA-SALAM Tual, Johan Basmuru.

Baca Juga  Fis Duo, Hikayat Dayung & Arumbai di Galeri Indonesia Kaya
Seasonal upacara peringatan HUT Sumpah Pemuda

Sekretaris Umum PPSWPA-SALAM Tual, Iskandar Rosemgem, menyebutkan, untuk kedua aksi yang dilakukan, berhasil dikumpulkan ratusan buku dan telah disalurkan ke Sekolah Dasar di Dusun tersebut. Sementara, untuk kegiatan bersih-bersih, para personil PPSWPA-SALAM Tual berhasil mengangkat sampah sebanyak 18 karung.

Sementara itu, para generasi muda pecinta alam ini, dalam kesempatan peringatan Sumpah Pemuda, juga mengkritik pemerintah yang dinilai tidak memiliki perhatian terhadap lingkungan. (ebot)