Catatan dari Diskusi Enrique de Moluccas

oleh -456 views

Ia berhasil memperdaya raja Cebu itu pada 14 April 1521 termasuk keponakannya, juga Raja Kolambu dari Limasawa pun dibaptis bersama 500 pengikutnya. Sehari setelah itu Ratu Cebu dan Ratu Limasawa menyusul dibaptis. Nama mereka diganti dengan nama Spanyol, Raja Humabon menjadi Carlos,  Raja Kolambu menjadi Juan, Ratu Cebu menjadi Juana dan Ratu Limasawa menjadi Isabel. Dalam seminggu kurang lebih 800 orang laiki-laki, perempuan dan anak-anak berhasil dibaptis menjadi Kristen.

Kesuksesan di Cebu ingin dilanjutkan di Mactan, dengan modal dukungan dua kerajaan Kristen yang baru terbentuk, Magellan merasa mampu menaklukkan Mactan. Sebab menurut cerita yang didengar Magellan, orang-orang Mactan lebih kritis dan kurang bersahabat dengan Spanyol. Mactan yang merupakan ibukota kerajaan Lapu-lapu adalah yang paling bandel membayar upeti kepada Spanyol. Tanggal 27 April Magellan mengerahkan armadanya diikuti 30 kapal berpenumpang 1000 tentara Humabon. Pasukan Magellan tidak diinformasikan bahwa orang-orang Mactan yang menghuni pulau Lapu-lapu adalah petarung ulung.

Baca Juga  Intip Spek Suzuki Fronx yang Sedang Diuji di Indonesia, Seirit LCGC

Setelah tiba di pantai Lapu-lapu, Magellan menyuruh pasukan Humabon tetap di kapal sementara ia dan pasukannya yang masih lemah akibat perjalanan panjang turun memantau situasi di daratan pada tanggal 28 April 1521. Saat itulah Magellan tewas terkena pana bersama tujuh kru kapalnya sementara Enrique menghilang entah kemana. Pasukan Humabon pun lari kucar-kacir meninggalkan Lapu-lapu kembali ke Cebu, dimana Enrique pun sudah ada disana.

No More Posts Available.

No more pages to load.