Catatan dari Diskusi Enrique de Moluccas

oleh -456 views

Di belakang hari, Enrique bersepakat dengan Raja Humabon untuk membantai orang-orang Spanyol dan yang dirancang selamat hanya dia, beberapa orang Spanyol lainnya termasuk Frater Valderama. Kapten Juan Serrano dan semua awak Conception sebanyak Sembilan belas orang terbunuh. Juan Sebastian del Canno dan De Espenosa selamat karena tidak menghadiri jamuan makan malam Raja Humabon.

Pengisahan berdasarkan sumber Pigafetta di atas melepaskan kawasan Filipina seolah negeri ini kawasan kaum pagan padahal wilayah ini adalah negeri para raja. Cebu di tahun 1521 telah berpenduduk Muslim. Justru orang-orang Spanyol mendapati daratan itu dihuni oleh orang-orang “Moor” (sebutan untuk kaum Muslim di Andalusi tempo hari) yang menolak kehadiran bangsa “kafir” di negeri mereka.

Baca Juga  PN Jaksel Tolak Praperadilan Ade Ucu, Eks Ketua Gerindra Malut yang Juga Tersangka Suap

Dalam catatan sejarah, Islam masuk ke wilayah Filipina Selatan, khususnya kepulauan Sulu dan Mindanao pada tahun 1380 yang dibawa oleh seorang tabib dan ulama Arab bernama Karimul Makdum dan Raja Baguinda tercatat sebagai orang pertama yang memeluk dan menyebarkan Islam di kawasan tersebut. Terjadilah pertempuran yang menewaskan pemimpin eskpedisi, Ferdinand Magellan. Tragedi kematian Magellan oleh sang narator Pigafetta, bahwa Magellan dibunuh oleh “kaum barbar yang nyaris telanjang bulat”, untuk menggambarkan tingkat keprimitifan orang-orang Filipina yang sebenarnya adalah etnis Melayu.

No More Posts Available.

No more pages to load.